Pelni Jayapura Siapkan 8 Kapal Penumpang untuk Mudik Lebaran


Pelabuhan Jayapura, di Kota Jayapura, Papua. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Jayapura telah mengambil langkah proaktif dengan menyiapkan delapan kapal penumpang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim arus mudik Lebaran 1445 Hijriah. 

Menurut Kepala Cabang Pelni Jayapura, Nurul Azhar, persiapan ini dilakukan sebagai respons terhadap potensi peningkatan jumlah penumpang selama periode libur Lebaran.

Dari total armada yang disiapkan secara nasional oleh PT Pelni, Jayapura mendapatkan alokasi delapan kapal yang terdiri dari lima kapal putih dan tiga kapal perintis untuk melayani rute intra Papua. Nurul Azhar menyatakan, “Kami di Jayapura mendapatkan jatah delapan dimana lima kapal putih dan tiga kapal perintis untuk intra Papua.”

Kapal-kapal yang telah dipersiapkan untuk melayani penumpang antara lain kapal Dobonsolo, Gunung Dempo, Cirimai, Labobar, dan Sinabung. Jadwal keberangkatan telah ditetapkan pada 26 Maret 2025 atau H-15 menjelang perayaan Idul Fitri.

Nurul Azhar juga menekankan pentingnya pembelian tiket dengan jauh hari atau melalui platform online untuk memastikan kelancaran proses pemesanan dan menghindari kerumunan di loket penjualan tiket. 

“Untuk itu diharapkan penumpang bisa melakukan pembelian tiket jauh hari atau langsung melalui via online,” ujarnya.

Selain persiapan armada kapal, Pelni Jayapura juga telah menyiapkan posko di Kantor Pelni guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran. 

Nurul Azhar menjelaskan, “Adapun langkah-langkah yang kami lakukan selain menyiapkan armada, memastikan kesiapan bahan bakar, serta juga menjamin seluruh kapal beroperasi sehingga tidak ada yang dalam perawatan.”

Antusiasme masyarakat untuk merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman diprediksi akan menghasilkan lonjakan penumpang yang signifikan. Pelni Jayapura memperkirakan jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan laut mereka pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mencapai 588.903 orang.

Dengan persiapan yang matang dan kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan, diharapkan proses mudik Lebaran kali ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut Pelni. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>