Hendra/Ahsan Putuskan Mundur dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 


Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (Dok: PBSI)

AKTUALITAS.ID – Ganda putra Indonesia yang legendaris, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan, telah mengumumkan keputusan mereka untuk mundur dari partisipasi dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 yang akan diadakan di Ningbo, China, 9-14 April mendatang. 

Alasan utama mereka adalah kualifikasi yang tidak mencukupi untuk Olimpiade, sehingga mereka memilih untuk fokus pada persiapan dan latihan untuk turnamen-tunamen selanjutnya di tahun ini.

“Sudah tidak qualified ke Olimpiade, jadi kami rest dulu, kita latihan dulu untuk persiapan buat next (turnamen lainnya tahun ini),” kata Hendra saat ditemui di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Dalam peringkat Race to Paris, pasangan yang akrab dijuluki The Daddies ini berada di peringkat 16, dengan margin yang jauh untuk lolos ke Olimpiade musim panas mendatang. Kekalahan di babak awal All England Open 2024 juga memperkuat keputusan mereka untuk fokus pada persiapan.

Meski mundur dari BAC, mereka berencana untuk tetap bertanding dalam sejumlah turnamen bergengsi lainnya pada tahun ini. “Ya, banyak (turnamen tahun ini). Belum (ada rencana mau mengikuti turnamen apa), dan Mei kayaknya kami bakal mulai lagi (bertanding),” ujar Hendra.

Dalam menghadapi persaingan menuju Olimpiade 2024 Paris, mereka berharap ganda putra Indonesia lainnya yang sudah lolos atau sedang mengumpulkan poin di BAC bulan depan dapat tampil maksimal. 

“Kans masih ada, ya, untuk BaKri (Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri). Semoga nanti bisa maksimal di Kejuaraan Asia, drawing-nya juga sudah keluar, semoga bisa memenuhi target buat masuk di Olimpiade,” kata Ahsan.

Mengenai persiapan jelang Olimpiade, Hendra berharap para atlet dapat fokus sepenuhnya pada panggung olahraga terbesar di dunia tersebut. 

“Ya mungkin harus lebih siap ke mentalnya, sih. Jadi, Olimpiade kan beda sama pertandingan-pertandingan lainnya. Pasti pressure-nya lebih tinggi dan juga butuh benar-benar fokus,” ujar Hendra.

Dengan keputusan ini, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan menegaskan pentingnya memanfaatkan kesempatan yang ada dan fokus untuk mencapai hasil terbaik dalam persiapan menuju Olimpiade 2024 Paris. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>