Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Berikut Penjelasannya 


Ilustrasi. Malam Nuzulul Qur'an. (Freepik)

AKTUALITAS.ID – Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat muslim di bulan Ramadan. Malam ini dinantikan oleh umat muslim untuk meraih berbagai kemuliaan.

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam memperingati malam tersebut, umat muslim di Indonesia, biasa menyambutnya dengan pengajian, tadarus, itikaf dan lainnya.

Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Apabila dilihat melalui kalender masehi, tahun 2024, hari ke-17 Ramadan jatuh pada Kamis, 28 Maret 2024.

Berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag), ditetapkan bahwa 1 Ramadan ditetapkan pada Selasa, 12 Maret 2024. Penanggalan Hijriah ditentukan melalui peredaran bulan, sehingga pergantian hari dihitung setelah matahari tenggelam atau waktu maghrib.

Oleh karena itu, malam Nuzulul Quran jatuh pada Rabu, 27 Maret 2024 saat memasuki waktu Maghrib. Sedangkan dikutip dari perhitungan hasil hisab Pusat Pimpinan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Ramadan pada Senin, 11 Maret 2024, maka malam Nuzulul Quran jatuh pada Selasa, 26 Maret 2024.

Adapun alasan mengapa Nuzulul Quran diperingati pada 17 Ramadan. Dikutip dari NU Online, Rabu (27/3/2024), terdapat dua landasan peringatan Nuzulul Quran setiap 17 Ramadan.

Pertama, peringatan Nuzulul Qur’an setiap 17 Ramadan mengacu pada Al-Qur’an surat Al-Anfal ayat 41. Dalam ayat tersebut, para ulama mengartikan kata “yaumul furqan” sebagai bertemunya dua pasukan muslim dan kafir Quraisy saat perang Badar pada 17 Ramadan.

Pendapat tersebut juga dikemukakan oleh Imam ath-Thabari dalam Jāmiʽul Bayān fi Ta’wīlil Quran (13/562) dengan mengutip Hasan bin Ali,

قال الحسن بن علي بن أبي طالب رضي الله عنه: كانت ليلة “الفرقان يوم التقى الجمعان”، لسبع عشرة من شهر رمضان

Artinya, “Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib RA berkata, ‘Yang dimaksud dengan malam ‘Al-Furqan yaumul taqāl Jamʽān’ adalah tanggal 17 bulan Ramadan.’

Kedua, peringatan Nuzulul Qur’an setiap 17 Ramadan mengacu pada peristiwa turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah berupa Al-Qur’an surat Al-’Alaq ayat 1-5 di Gua Hira. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>