Polri Kerahkan Ratusan Personel Amankan Sidang PHPU Pilpres 2024 di MK


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (ist)

AKTUALITAS.ID – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengumumkan bahwa Polri telah mengerahkan 377 personel untuk menjaga keamanan selama persidangan pemeriksaan pendahuluan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 di gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Trunoyudo, upaya pengamanan khusus ini ditujukan untuk memastikan sidang berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, terutama terhadap hakim MK yang menangani sidang perkara Pemilu 2024.

“Pengamanan khusus diberikan selama sidang terkait pemilu di Mahkamah Konstitusi, terutama terhadap hakim MK yang menangani sidang perkara Pemilu 2024,” ujar Trunoyudo dalam keterangannya, Rabu (27/3/2024).

Polri juga akan bekerja sama dengan petugas keamanan internal MK untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses sidang. Sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres 2024 dijadwalkan pada Rabu (27/3/2024), dengan dua sesi yang akan menyoroti permohonan dari paslon nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada pukul 08.00 WIB, serta paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada pukul 13.00 WIB.

Tahapan selanjutnya dari persidangan meliputi pemeriksaan persidangan dan penyerahan jawaban termohon, keterangan pihak terkait, serta pemberi keterangan yang dijadwalkan pada Kamis (28/3/2024). Proses ini akan berlanjut hingga 18 April 2024, dengan pengucapan putusan atau ketetapan pada 22 April 2024.

Dengan pengamanan yang ketat dan koordinasi yang baik antara Polri dan MK, diharapkan sidang PHPU Pilpres 2024 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang adil bagi semua pihak yang terlibat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>