Menko PMK Dorong Aceh untuk Kerja Keras Turunkan Angka Stunting


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, saat kunjungannya ke Gampong Lampulo, Banda Aceh, Rabu (27/3/2024). (Humas Kemenko PMK)

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menekankan pentingnya upaya bersama dalam mengatasi stunting di Aceh saat kunjungannya ke Gampong Lampulo, Banda Aceh, Rabu (27/3/2024). Dengan angka prevalensi saat ini mencapai 31,2% di Aceh dan 25,1% di Banda Aceh, penanganan stunting tetap menjadi tantangan krusial.

Selama kunjungannya, Menteri Muhadjir mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan namun juga mendorong untuk meningkatkan aksi demi mencapai target pemerintah pada tahun 2024 untuk menurunkan angka stunting menjadi minimal 14%. Beliau menekankan perlunya keterlibatan komprehensif dari semua sektor, termasuk militer, kepolisian, dan pegawai negeri, untuk bertindak sebagai pembimbing bagi masyarakat dalam mengatasi stunting.

Mengakui kemajuan dalam perawatan maternal dan dukungan nutrisi, Menteri Muhadjir menekankan pentingnya diet yang bergizi, terutama bagi ibu hamil dan balita, dengan mendorong konsumsi makanan kaya protein seperti ikan, telur, dan daging.

Selain itu, Menteri Muhadjir juga menyoroti pentingnya pengumpulan data yang akurat di tingkat desa untuk memastikan distribusi bantuan yang tepat sasaran dan efektif. Beliau juga turut mengawasi pembagian bantuan pangan secara simbolis dan manfaat jaminan pemakaman selama kunjungannya, menegaskan komitmen pemerintah dalam mengatasi tidak hanya kebutuhan langsung tetapi juga masalah kesejahteraan sosial.

Kerja sama yang terlihat selama kunjungan, dengan kehadiran pejabat lokal dan pemimpin masyarakat, mencerminkan pendekatan yang terpadu dalam menangani stunting secara menyeluruh. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>