Kunjungan Menhan Prabowo ke China Guna Menguatkan Hubungan Bilateral


Foto Arsip - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, 21 Maret 2024, menerima kunjungan dari Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang yang mengantarkan surat ucapan selamat dari Presiden China Xi Jinping untuk Prabowo. (Tim Media Prabowo Subianto).

AKTUALITAS.ID – Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, yang juga baru saja terpilih sebagai Presiden, dijadwalkan melakukan kunjungan ke China untuk pertemuan penting dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang. Kunjungan ini menegaskan komitmen untuk memperkuat kerja sama strategis antara Indonesia dan China, khususnya di bidang pertahanan.

Brigadir Jenderal TNI Edwin Adrian Sumantha, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Indonesia, menekankan pentingnya kunjungan ini dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas regional. 

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara untuk memperkuat dialog dan kerja sama strategis, yang sangat penting untuk keamanan regional,” ujarnya.

Didampingi oleh putranya, Ragowo Hediprasetyo, dan sejumlah pejabat tinggi, kunjungan Prabowo bertujuan untuk memperdalam persahabatan tradisional dan kerja sama strategis yang komprehensif antara Indonesia dan China. Di antara pejabat yang ikut Prabowo adalah Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin, dan tokoh penting lainnya dari sektor pemerintah dan militer Indonesia.

Pengumuman kunjungan Prabowo pertama kali disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian dalam konferensi pers, yang menyoroti hubungan erat antara kedua negara. Selain itu, ucapan selamat resmi dari Presiden Xi Jinping kepada Prabowo atas kemenangannya dalam pemilihan presiden juga melambangkan kedalaman hubungan bilateral.

“Saya siap untuk bekerja sama dengan Anda dalam memandu komunitas Indonesia-China menuju kemajuan, menetapkan contoh bagi negara-negara berkembang untuk bekerja sama demi pembangunan bersama dan berkontribusi pada kemakmuran dan stabilitas regional dan global,” ujar Presiden Xi dalam surat resminya kepada Prabowo.

Kunjungan ini tidak hanya merupakan tonggak penting dalam diplomasi, tetapi juga menandai komitmen bersama Indonesia dan China untuk kemajuan bersama serta kerja sama di berbagai bidang, yang mengirimkan pesan positif untuk kerja sama masa depan. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>