Tim KRI Kakap-811 Selamatkan 327 Pengungsi Korban Erupsi Gunung Ruang


Para pengungsi korban erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, saat tiba di Dermaga Satrol Lantamal di Kota Bitung dengan KRI Kakap-811. (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Tim KRI Kakap-811 dari TNI Angkatan Laut berhasil menyelamatkan sebanyak 327 pengungsi korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

Kolonel Laut (P) Mohamad Noordin Mutaqien, Asops Danlantamal VIII, menyampaikan, “Dari jumlah itu, terdapat 192 wanita dan 135 pria. Dari 327 orang itu juga, terdapat dua orang yang sakit parah yakni stroke dan pendarahan.” 

Tim kesehatan dari TNI Angkatan Laut dan Pemerintah Kota Bitung telah disiapkan untuk memberikan pertolongan kepada para pengungsi. 

“Sudah ada keluarga yang akan menjemput para pengungsi tersebut,” kata Mutaqien saat merujuk pada upaya pemulangan mereka ke keluarga masing-masing. 

Selama tiga hari terakhir, total 527 orang telah dievakuasi oleh KRI Kakap-811. Salah seorang pengungsi, Sulce Derek, menyatakan, “Untuk sementara kami mengungsi dulu ke Bitung, bersama keluarga sebanyak tujuh orang,” sambil menjelaskan kerusakan yang dialami rumahnya akibat erupsi Gunung Ruang. 

KRI Kakap-811 tiba di dermaga Satrol Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII, di Kota Bitung pada Sabtu malam, membawa pengungsi dari anak-anak sampai orang lanjut usia. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>