Kendalikan Gula Darah Pasca Lebaran untuk Kesehatan Optimal


Ilustrasi. Cek gula darah. (ist)

AKTUALITAS.ID – Setelah momen Lebaran yang penuh kenikmatan kuliner, dokter spesialis penyakit dalam dari Advanced Diabetes Center di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Farid Kurniawan, Sp.PD, Ph.D, menekankan pentingnya pengendalian gula darah untuk mencegah risiko diabetes.

Dalam webinar “Kendali Diabetes Pasca Puasa dan Lebaran”, dr. Farid menyoroti pentingnya mengatur asupan makanan setelah Lebaran, terutama bagi orang sehat yang juga berisiko mengalami gangguan gula darah. Dia mengingatkan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan tinggi kalori guna mencegah peningkatan kadar gula darah.

Dr. Farid menekankan pentingnya mengatur pola makan sehat dengan menerapkan prinsip 3J: jadwal, jumlah, dan jenis makanan. Ini penting karena pola makan yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. 

Dia menyarankan agar masyarakat memilih makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran, untuk mencukupi kebutuhan serat.

Selain itu, dr. Farid juga mengingatkan pentingnya memperhatikan panduan Kementerian Kesehatan tentang porsi makan, dengan setiap piring diisi setengah bagian sayuran dan buah, seperempat bagian diisi protein, dan seperempat bagian diisi sumber karbohidrat.

Tak hanya itu, latihan fisik juga menjadi kunci penting dalam menjaga keseimbangan antara asupan kalori dan keluaran tubuh, serta meningkatkan kendali gula darah. 

Dr. Farid menekankan pentingnya berolahraga secara teratur untuk memperbaiki resistensi insulin dan menjaga stabilitas gula darah.

Masyarakat diingatkan untuk memperhatikan saran-saran ini untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama setelah periode perayaan seperti Lebaran. Dengan mengendalikan gula darah dan mengatur pola makan serta rutin berolahraga, risiko diabetes dapat diminimalisir, dan kualitas hidup dapat ditingkatkan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>