BPS Sebut Impor Indonesia Turun 2,6% di Maret 2024


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti (Dok: BPS)

AKTUALITAS.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbaru yang menunjukkan tren impor Indonesia untuk bulan Maret 2024. Menurut BPS, nilai impor pada bulan tersebut mencapai USD17,96 miliar, mengalami penurunan sebesar 2,6% secara bulanan.

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menjelaskan bahwa meskipun terjadi penurunan secara bulanan, impor Minyak dan Gas (migas) mengalami lonjakan sebesar 11,64%, mencapai USD3,33 miliar. Di sisi lain, impor non-migas mengalami penurunan sebesar 5,34%, menjadi USD14,63 miliar.

“Penurunan nilai impor secara bulanan disebabkan oleh penurunan impor non-migas, dengan andil penurunan mencapai minus 4,48%,” jelas Amalia di kantor BPS pusat, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Dia juga menekankan bahwa penurunan impor non-migas dipicu oleh beberapa komoditas, terutama mesin peralatan mekanis dan plastik serta barang dari plastik.

Meskipun terjadi penurunan, impor kendaraan dan bagiannya juga mengalami penurunan. Namun, terdapat kenaikan sebesar 10,34% dalam impor migas, sementara impor non-migas turun 16,72%.

Amalia menambahkan, “Data tersebut mencerminkan dinamika perdagangan Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global dan perubahan tren impor komoditas tertentu.”

Secara tahunan, nilai impor Maret 2024 turun 12,76% dari Maret 2023 yang mencapai USD20,59 miliar.

Dengan demikian, meskipun terjadi penurunan secara bulanan dan tahunan, kenaikan impor migas memberikan gambaran positif tentang potensi ekspansi sektor energi di Indonesia. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>