Polda Jambi Tutup Ratusan Sumur Minyak Ilegal 


Polisi bersama tim gabungan menutup sumur minyak ilegal yang terdapat di kawasan Hutan Tahura, Batanghari, Senin (6/5/2024). (Polda Jambi)

AKTUALITAS.ID – Polda Jambi bersama tim gabungan dari Korem 042 Gapu, Pemerintah Kabupaten Batanghari, dan Pertamina telah berhasil menutup ratusan sumur minyak ilegal di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. 

Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Reza Khomeini, menyatakan bahwa kegiatan penambangan tanpa izin telah meluas hingga ke Taman Hutan Raya Batanghari.

“Sesuai data yang kami lihat, sudah merambah ke kawasan Tahura, jadi kami datang kembali ke sini untuk melakukan penertiban,” ujarnya.

Reza menegaskan pentingnya kerja sama semua pihak untuk mencegah aktivitas tambang ilegal di masa depan. Dia menyampaikan harapan akan pembentukan satgas gabungan untuk mengontrol aktivitas ilegal tersebut agar tidak terulang.

Operasi ini melibatkan tiga kelompok dan berlangsung selama tujuh hari, dengan target menutup seluruh sumur minyak ilegal di Desa Bungku. Dari data yang ada, terdapat 149 sumur ilegal di area tersebut.

Reza menjelaskan bahwa sumur-sumur ilegal yang sudah lama beroperasi dan merusak lingkungan ditutup secara permanen menggunakan semen. Tim gabungan juga menutup sumur ilegal di sekitar area usaha Pertamina dengan menggunakan alat berat.

Kolonel Infantri M. Imasfy, Kasi Intel Korem 042 Garuda Putih, menyatakan bahwa pada hari pertama operasi, petugas telah berhasil menutup 30 sumur minyak ilegal.

“Di hari pertama ini, kita telah menindak 30 sumur minyak ilegal dan besok kami akan lanjutkan lagi,” katanya.

Penutupan sumur ilegal ini dilakukan tanpa adanya penambang ilegal di lokasi, karena pemilik sumur menutupi tambang ilegal mereka menggunakan pelepah sawit. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>