Connect with us

Berita

Ribuan Personel Kepolisian Amankan Aksi Solidaritas Palestina di Kedubes AS

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ribuan personel polisi dikerahkan untuk mengamankan Aksi Solidaritas Palestina yang digelar oleh Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis (KIBBM) di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/6/2024). 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa pihaknya melibatkan 1.120 personel dalam pengamanan aksi tersebut. “Dalam rangka pengamanan Aksi Bela Palestina di Kedubes AS kami melibatkan 1.120 personel,” ujar Susatyo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.

Susatyo menambahkan bahwa rekayasa lalu lintas akan bersifat situasional dan tergantung pada kondisi di lapangan. “Jika eskalasi meningkat, akan kita tutup jalan Merdeka Selatan, arus lalu lintas akan kita alihkan,” jelasnya. 

Masyarakat yang hendak melintasi jalan di depan Kedubes AS, jalan Merdeka Selatan, dihimbau untuk mencari jalur alternatif lain. “Kami menghimbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan Kedubes AS jalan Merdeka Selatan agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan Kedubes AS,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengimbau para peserta Aksi Bela Palestina untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya dan tertib dalam menyampaikan pendapat di muka umum. “Kami mengimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi,” tuturnya.

Kapolres juga menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, serta mengedepankan negosiasi dan pelayanan yang humanis. 

“Tidak ada yang membawa senjata api. Perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil, tidak ada gerakan tambahan yang bersifat pribadi. Layani saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya dengan tulus ikhlas dan humanis,” paparnya.

Dengan pengamanan yang ketat namun tetap humanis, diharapkan aksi dapat berjalan dengan tertib dan damai, serta tidak mengganggu ketertiban umum di sekitar lokasi aksi. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending