Connect with us

Dunia

Wali Kota Nabatieh Tewas di Bom Israel

Published

on

AKTUALITAS.ID – Israel melancarkan serangan udara yang menghantam kantor Wali Kota Nabatieh, Lebanon selatan, pada Rabu (16/10/2024), menewaskan enam orang, termasuk Wali Kota Ahmad Khalil. Serangan ini terjadi saat rapat sedang berlangsung untuk membahas distribusi bantuan kepada warga yang terkena dampak konflik.

“Wali Kota Nabatieh, di antara yang lainnya, syahid. Ini adalah pembantaian,” ujar Gubernur Nabatieh, Howaida Turk, seperti dikutip dari AFP.

Serangan yang menghantam Nabatieh dan sekitarnya digambarkan Turk sebagai “sabuk api,” dengan sedikitnya 11 ledakan besar terjadi di wilayah tersebut. Kementerian Kesehatan Lebanon melaporkan bahwa sedikitnya 43 orang terluka akibat serangan tersebut, sementara tim penyelamat masih berupaya mencari korban di bawah reruntuhan.

Penjabat Menteri Dalam Negeri Lebanon, Bassam Mawlawi, mengonfirmasi bahwa serangan tersebut menargetkan kantor wali kota saat sedang diadakan rapat penanganan bantuan bagi korban serangan Israel di Lebanon selatan. Seorang anggota pertahanan sipil juga dilaporkan tewas, sementara beberapa lainnya terluka.

Perdana Menteri sementara Lebanon, Najib Mikati, mengecam keras serangan tersebut, menyebutnya sebagai “serangan yang disengaja” terhadap pertemuan yang bertujuan membantu warga. Ia juga menuding komunitas internasional bersikap diam terhadap agresi Israel, yang menurutnya hanya memperkuat tindakan pendudukan tersebut.

“Serangan ini, bersama dengan kejahatan yang dilakukan Israel terhadap warga sipil, merupakan tantangan langsung bagi komunitas internasional,” tegas Mikati. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending