Connect with us

Nasional

Kabar Duka, Wapres ke-9 RI Hamzah Haz Tutup Usia

Published

on

Mantan Wapres RI ke-9, Hamzah Haz. Beliau meninggal dunia, Rabu (24/7/2024). (Dok BPMI Setpres)

AKTUALITAS.ID – Indonesia berduka atas wafatnya Dr. Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, pada usia 84 tahun. Hamzah Haz meninggal dunia di kediamannya di Tegalan, pada hari Rabu (24/7) pukul 09.30 WIB.

Kabar duka ini disampaikan oleh Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi. “Benar, telah wafat Bapak Dr. Hamzah Haz, pagi ini jam 09.30 di kediaman Tegalan,” ujar Arwani saat dikonfirmasi, Rabu.

Jenazah almarhum akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, siang nanti setelah salat zuhur. “Jenazah akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua Bogor siang nanti setelah salat zuhur,” tambah Arwani.

Hamzah Haz menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, pada periode 2001 hingga 2004. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie, Wakil Ketua DPR RI, serta Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, Hamzah Haz sudah aktif berorganisasi sejak muda. Ia memulai kariernya sebagai guru pada tahun 1960 dan sempat menjadi wartawan hingga pemimpin umum surat kabar di Pontianak.

Kepergian Hamzah Haz meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, rekan, dan seluruh bangsa Indonesia. Kiprah dan dedikasinya dalam dunia politik serta kontribusinya bagi kemajuan bangsa akan selalu dikenang.

Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending