Connect with us

Nusantara

BMKG Peringatkan Potensi Hujan Deras dan Cuaca Ekstrem di Seluruh Indonesia

Published

on

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada mayoritas daerah di Indonesia untuk mewaspadai potensi hujan deras yang diperkirakan akan mengguyur wilayah dari barat hingga timur pada hari Sabtu. 

Laporan analisa dari Pusat Meteorologi Publik BMKG di Jakarta menyebutkan bahwa wilayah-wilayah yang perlu waspada meliputi Pulau Sumatera (Sumatera Selatan dan Lampung), Pulau Jawa (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten), Pulau Kalimantan (Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur, dan Utara), Pulau Sulawesi (Sulawesi Utara, Tengah, Selatan, Tenggara, Barat, dan Gorontalo), Maluku (Maluku dan Maluku Utara), serta Papua (Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan).

Selain hujan deras, BMKG juga memperingatkan masyarakat di daerah-daerah tersebut untuk mewaspadai turunnya hujan deras yang disertai petir dan kilat pada Sabtu siang hingga dini hari. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa potensi dampak bencana akibat hujan di sejumlah wilayah Indonesia masih tinggi, meskipun seharusnya sudah memasuki musim kemarau. Potensi peningkatan hujan ini dipicu oleh beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, seperti fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby Kelvin, pola sirkulasi siklonik, dan La Nina, yang memperkuat potensi pembentukan awan penghujan.

Kombinasi dari fenomena-fenomena atmosfer ini diperkirakan oleh tim meteorologi BMKG dapat menimbulkan potensi hujan berintensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang. Kondisi ini juga bisa menimbulkan dampak cuaca ekstrem seperti bencana hidrometeorologi, meliputi banjir, banjir bandang, angin puting beliung, dan tanah longsor, meskipun Indonesia sedang menghadapi puncak musim kemarau pada medio dasarian II Juli hingga September 2024.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan memantau informasi cuaca terkini dari BMKG guna mengantisipasi dampak cuaca ekstrem ini. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending