Connect with us

POLITIK

Gibran Mundur dari Walikota Solo, Projo: Persiapan Jadi Wapres

Published

on

Bendahara Umum DPP Pro Jokowi (Projo) Panel Barus. (ist)

AKTUALITAS.ID – Mundurnya Gibran Rakabuming Raka dari jabatannya sebagai Walikota Solo memicu berbagai tanggapan. Menanggapi pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Deddy Sitorus yang menyebut keputusan ini janggal, Bendahara Umum DPP Pro Jokowi (Projo) Panel Barus memberikan pandangannya.

Panel Barus menilai pernyataan Deddy Sitorus tidak tepat dan terkesan mencari perhatian. “Sebenarnya, mundurnya Gibran ini adalah persiapan diri dari Mas Gibran untuk menjalankan tugas sebagai Wakil Presiden. Mundurnya Gibran juga merupakan kesempatan bagi kader PDIP, Teguh Prakosa, yang secara otomatis akan menjadi Walikota Solo,” ujar Panel di DPP Projo, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7).

Sebelumnya, Deddy Sitorus merasa heran dengan keputusan pengunduran diri Gibran. Menurutnya, Gibran seharusnya mundur sejak masa kampanye Pilpres 2024 dimulai. “Menurut saya aneh kalau dia mundur sekarang. Seharusnya dia mundur waktu masuk masa kampanye,” kata Deddy kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Deddy juga mempertanyakan etika Gibran yang menunda pengunduran dirinya hingga beberapa bulan sebelum masa jabatannya berakhir. “Kalau mundur sekarang justru aneh. Dia seharusnya menuntaskan masa kerjanya di Solo,” ujarnya. Menurut Deddy, tidak ada alasan mendesak bagi Gibran untuk mundur kemarin, dan akan lebih baik jika Gibran menyelesaikan tugasnya hingga akhir masa jabatan.

Panel Barus menekankan bahwa keputusan Gibran mundur adalah bagian dari langkah strategis untuk mempersiapkan diri menjadi Wakil Presiden. “Keputusan ini harus dipandang sebagai bagian dari proses politik yang lebih besar dan persiapan Gibran untuk tugas yang lebih besar,” tegas Panel.

Mundurnya Gibran Rakabuming dari jabatannya sebagai Walikota Solo memang menimbulkan berbagai spekulasi dan perdebatan di kalangan politik. Namun, Panel Barus berharap semua pihak bisa melihat keputusan ini sebagai langkah positif menuju transisi kepemimpinan yang lebih baik. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending