Connect with us

Ragam

5 Minuman Herbal untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh di Musim Pancaroba

Published

on

Ilustrasi. Minuman herbal. (ist)

AKTUALITAS.ID – Menjaga kesehatan di tengah musim pancaroba sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah tradisional. Selain mudah dibuat, minuman-minuman ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh, terutama dalam memperkuat sistem imun. Berikut lima rekomendasi minuman herbal yang dapat Anda coba:

1. Wedang Uwuh

Minuman khas Yogyakarta ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala kering, kayu secang, dan gula batu. Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), wedang uwuh memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meredakan ketegangan berkat aromanya yang menenangkan. Nikmati selagi hangat untuk efek maksimal!

2. Sarabba

Minuman tradisional dari Sulawesi Selatan ini terbuat dari gula aren, jahe, santan, dan kuning telur. Jahe, yang mengandung antibiotik alami, dipercaya mampu meredakan gangguan pencernaan seperti mual. Sarabba juga dikenal sebagai minuman penambah stamina yang pas dinikmati saat cuaca dingin.

3. Kawa Daun

Minuman khas Sumatera Barat ini terbuat dari daun kopi kering yang diseduh bersama kayu manis dan gula. Kawa daun mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko diabetes. Tak hanya nikmat, minuman ini juga menyehatkan!

4. Bajigur

Bajigur, minuman tradisional yang populer di Jawa Barat, terbuat dari santan, gula aren, jahe, dan rempah-rempah lain. Khasiatnya meliputi memperbaiki sistem pencernaan dan memberikan kehangatan pada tubuh. Sajikan bajigur bersama kolang-kaling atau potongan roti untuk sensasi rasa yang lebih nikmat.

5. STMJ (Susu, Telur, Madu, Jahe)

STMJ adalah minuman berkhasiat dari Malang, Jawa Timur, yang terkenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina. Kombinasi susu, telur, madu, dan jahe menjadikannya minuman kaya nutrisi yang ampuh melawan lelah. Kini, STMJ juga tersedia dalam bentuk bubuk yang praktis, sehingga Anda dapat dengan mudah menyeduhnya kapan saja.

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur, minuman-minuman ini menjadi pilihan alami yang praktis untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jadi, minuman herbal apa yang akan Anda coba hari ini? (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending