5 Tips Merawat Bumper Mobil Saat Musim Pancaroba, Agar Tetap Terlihat Bagus


Ilustrasi. Bumper mobil (istock,)

AKTUALITAS ID – Bumper mobil adalah salah satu bagian penting yang sering diabaikan oleh pemilik mobil.

Bumper memiliki peran vital dalam melindungi mobil Anda dari benturan ringan, serta memberikan elemen estetika pada mobil.

Merawat bumper mobil dengan baik tidak hanya akan membuat mobil Anda tetap terlihat bagus, tetapi juga akan memperpanjang umur bumper tersebut.

Ditambah lagi di Indonesia saat ini sudah memasuki musim pancaroba, tentunya sangat sulit untuk memprediksi cuaca. Para pemilik mobil harus memberikan perhatian ekstra khususnya pada bumper kendaraan mereka agar tetap terawat.

Bumper memiliki fungsi utama untuk menyelamatkan bagian depan dari tubrukan yang akan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Merawat bumper tentu saja menjadi sebuah kewajiban kepada setiap pemilik mobil agar tetap aman dalam berkendara.

Jika tidak terawat, potensi bagian depan mobil tergores pun akan lebih besar. Berikut ini tips merawat bumper mobil saat musim pancaroba yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa (14/11/2023).

1. Periksa dan kencangkan baut bumper mobil

Tips merawat bumper mobil yang bisa dilakukan yaitu dengan rutin memeriksa dan mengencangkan baut serta mur pada bumper mobil agar tidak renggang.

Terlebih saat mobil sering digunakan pada jalan dengan tingkat guncangan yang tinggi, maka bisa saja sekrup dan mur pada bumper mobil akan merenggang. Agar tidak terjadi hal seperti itu, periksa dan kencangkan secara rutin sekrup baut dan mur agar tetap pada posisinya.

2. Pilih jalan yang aman untuk mobil mobil

Jika tidak dalam keadaan benar-benar darurat, sebaiknya hindari jalan yang berlubang dan membahayakan. Potensi bumper bertubrukan dan tergores dengan kendaraan atau benda-benda terdekat bisa lebih besar saat melintasi medan yang tidak bagus.

3. Memoles bumper mobil

Karena letaknya di depan, biasanya bumper akan cepat kotor dan kusam jika tidak dirawat. Pastikan bumper mobil rutin dibersikan.

Selain itu, bumper mobil juga perlu dipoles dengan pemoles khusus yang sudah banyak tersedia di pasaran. Hal ini akan membuat bumper mobil awet dan kinclong.

4. Modifikasi sesuai spesifikasi

Melakukan modifikasi pada bumper mobil sebenarnya boleh saja, tetapi yang harus diperhatikan pilih bumper yang sesuai spesifikasi.

Disarankan tidak mengurangi tinggi dari bumper mobil yang dimiliki, karena akan membuat bumper menjadi tidak awet. Apalagi di musim pancaroba seperti ini yang membuat kondisi jalan tidak menentu.

5. Parkir di tempat yang aman

Agar bumper mobil terawat dengan baik, pastikan parkir mobil di tempat dengan kondisi yang aman. Parkir mobil di luar ruangan juga akan membuat bumper mobil terkena panas atau hujan, yang bisa membuat warnanya menjadi cepat pudar dan mudah mengelupas. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>