KPU Resmi Tetapkan Anies Nomor Urut 1, Prabowo Nomor 2 dan Ganjar Nomor 3


KPU tetapkan Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3 pada penetapan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/1/2023) malam. (IST)

AKTUALITAS.ID – Pertarungan di Pemilihan Presiden 2024 resmi dimulai setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Senin (13/11) menetapkan secara resmi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilihan presiden 2024.

Pasca penetapan tersebut, KPU menetapkan nomor urut masing-masing pasangan capres dan cawapres tersebut.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2. Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3.

Penetapan ini berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/1/2023) malam. Acara pengundian nomor urut ini dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari, yang didampingi anggota KPU lainnya.

“Dengan demikian, nomor urut pasangan calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024 sebagai berikut,nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” ujar Hasyim Asy’ari.

KPU menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres pada Pemilu 2024.

Bagi Prabowo, hasil pengundian nomor urut kali ini sama dengan Pemilu2019 yang saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Nomor urut tersebut akan dipakai masing-masing pasangan capres-cawapres selama kampanye hingga hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Dalam acara ini, ketiga pasangan capres-cawapres didampingi para ketua umum dan elite parpol pengusung dan pendukung.

Usai KPU.menetapkan nomor urut pasangan Capres-Cawapres, maka ketiga pasangan ini siap mulai kampanye pada akhir November ini.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>