Connect with us

RAGAM

Bukan Cuma Ilusi, Pakaian Hantu Ternyata Cerminkan Moralitas dan Kelas Sosial di Masa Lalu

Aktualitas.id -

Ilustrasi Hantu, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Saat Anda membayangkan hantu, bayangan sosok berbalut kain kafan atau gaun kuno pasti langsung terlintas. Namun, pernahkah terlintas di benak, mengapa hantu tidak pernah telanjang? Pertanyaan ganjil ini ternyata pernah menjadi bahan perenungan serius bagi masyarakat Inggris di Era Victoria.

Menurut artikel dari The Conversation yang terbit pada 25 Oktober 2024, misteri di balik pakaian hantu ini pernah disinggung oleh karikaturis ternama, George Cruikshank, pada tahun 1863. Cruikshank, yang dikenal melalui karyanya bersama Charles Dickens, membuat “penemuan” yang cukup aneh.

“Rasanya belum pernah ada yang memikirkan absurditas dan ketidakmungkinan adanya hantu berpakaian… Demi kesopanan, hantu tidak bisa, tidak boleh, dan tidak berani muncul tanpa pakaian; dan karena tidak ada hantu atau roh berpakaian, lalu mengapa, tampaknya hantu tidak pernah muncul dan tidak akan pernah bisa muncul,” ujar Cruikshank.

Cerminan Moralitas dan Status Sosial

Pada masa lampau, khususnya sebelum periode modern, citra hantu berbalut kain kafan mencerminkan kesinambungan antara jasad yang dikubur dan roh yang bangkit. Pakaian pemakaman menjadi masuk akal karena peran utama hantu adalah membawa pesan dari alam baka kepada yang hidup.

Namun, seiring menyebarnya spiritualisme pada pertengahan abad ke-19, laporan penampakan mulai berubah. Orang-orang mulai melihat hantu yang mengenakan pakaian sehari-hari dan kontemporer.

Antropolog dan kritikus Andrew Lang, pada tahun 1897, berpendapat bahwa pakaian hantu adalah bahan pembuat mimpi, yang secara tidak langsung menyiratkan bahwa para penampakan hantu adalah orang yang berpakaian, bukan yang telanjang.

Asumsi ini mencerminkan moralitas yang merajalela di abad ke-19, di mana sebagian besar roh digambarkan suci dan disucikan. Anggapan Lang yang ganjil bahwa tidak ada ketelanjangan dalam mimpi juga menggemakan pandangan moralitas ini.

Pakaian Sebagai Identitas Kelas

Lebih jauh, mode dan pakaian di Era Victoria memainkan peran krusial dalam identifikasi kelas, gender, dan pekerjaan.

Laporan hantu yang dikirimkan ke majalah The Strand pada tahun 1908 menunjukkan bahwa hantu dari kelas pelayan tampaknya lebih terikat pada pakaian mereka—bukan pada wajah atau suara. Ini menggarisbawahi fungsi pakaian: mengidentifikasi seseorang dan membuat mereka dapat direpresentasikan.

Dengan demikian, ketelanjangan (atau ketiadaan pakaian) akan mengganggu cara pengkategorian seseorang secara instan, membuat penampakan hantu yang berpakaian menjadi kebutuhan sosial, bukan hanya fenomena gaib. (Mun)

Continue Reading

TRENDING