EKBIS
Pengunjung MotoGP Mandalika Serbu UMKM Binaan Pertamina

AKTUALITAS.ID – Ajang balap motor dunia MotoGP Indonesia telah sukses berlangsung di Sirkuit Mandalika,Nusa Tenggara Barat.
Sebanyak 20 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan PT Pertamina Patra Niaga Region Jatim Bali Nusa Tenggara dan Rumah BUMN Lombok Timur, ikut berpartisipasi dalam gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan sukses meraup penjualan Rp260 juta.
“Selama tiga hari penyelenggaraan total penjualan UMKM mencapai lebih dari Rp260 juta sehingga menjadi bukti nyata antusias pengunjung terhadap produk lokal,” kata Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi di Surabaya, Jatim, Rabu (8/10/2025).
Sebanyak 20 UMKM binaan Pertamina Grup ini tampil di antara 180 pelaku usaha lokal yang ikut serta dalam ajang MotoGP Mandalika dengan memperkenalkan kekayaan lokal yang autentik kepada dunia.
Dari total UMKM binaan tersebut sebanyak 16 pelaku kuliner dan empat perajin kriya serta fesyen menyuguhkan produk unggulan mulai dari sate lilit, kopi tradisional, hingga tenun khas Lombok.
Keseruan juga hadir di booth resmi Bright Store Pertamina yang menjual merchandise edisi khusus Pertamina Grand Prix of Indonesia 2025 hingga mencatat penjualan mencapai lebih dari Rp2 miliar selama event berlangsung.
Ahad mengatakan dukungan terhadap UMKM bukan sekadar program sosial tetapi bagian dari strategi jangka panjang dalam membangun ekosistem ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Pertamina terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin delapan yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.
Melalui program pembinaan UMKM, Pertamina terus mendorong ekonomi inklusif dan berkelanjutan dengan memberdayakan pelaku usaha daerah terutama di wilayah NTB.
Salah satu tenant yang juga cukup menarik perhatian pengunjung khususnya wisatawan mancanegara adalah Wholefoood yaitu UMKM yang menyajikan menu sehat seperti sandwich dan salad dengan sentuhan cita rasa lokal.
Produk mereka menjadi favorit para turis asing karena mengusung konsep makanan sehat modern yang simpel dan easy to grab yang dikombinasi dengan bahan-bahan dan cita rasa lokal Nusantara.
(Purnomo/goeh)
- NASIONAL09/10/2025 06:00 WIB
Bawaslu Aceh Besar Lakukan Pengawasan Sampling untuk Pastikan Validitas Data Pemilih
- OTOTEK08/10/2025 18:30 WIB
Saingi TikTok, Facebook Tingkatkan Algoritma
- RAGAM09/10/2025 00:02 WIB
Setelah Satu Dekade, GIGI Hadirkan Album ke-25 “Forever In The Air”
- EKBIS09/10/2025 13:30 WIB
PP 45/2025 Harus Perhatikan Keberlanjutan Industri Sawit dan Pelaku UMKM
- NUSANTARA08/10/2025 19:31 WIB
BNN Pekanbaru Ajak 1.200 Mahasiswa Unilak Perangi Narkoba
- OLAHRAGA08/10/2025 20:00 WIB
Thailand Perkenalkan Maskot Baru SEA Games 2025 “The San”
- OLAHRAGA08/10/2025 19:00 WIB
Calvin Verdonk Absen Lawan Arab Saudi, Butuh Waktu untuk Pulihkan Kondisi
- EKBIS08/10/2025 23:02 WIB
Cadangan Devisa Aman, BI Pastikan Masih di Atas Batas Internasional