Connect with us

Berita

Pj Gubernur Babel: Pancasila Sebagai Filter Kemajuan Teknologi Informasi

Published

on

AKTUALITAS.ID – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA, menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara memiliki peran penting sebagai filter di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi. 

Pernyataan ini disampaikan Safrizal setelah memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Upacara Kantor Bupati Belitung, Tanjungpandan, pada Sabtu.

“Di tengah kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, Pancasila diharapkan menjadi filter agar Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” kata Safrizal, Sabtu.

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mencerminkan harapan agar Pancasila dapat terus menyatukan bangsa yang memiliki beragam suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Melihat perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia kedepannya,” ujar Safrizal.

Ia menekankan bahwa pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, yang ditandai dengan kemudahan mengakses informasi melalui beragam media, harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten dan narasi positif. 

Menurut Safrizal, konten dan informasi di era digitalisasi ini harus mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Safrizal juga menyampaikan bahwa Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi beragam tantangan dan ujian sejarah. Sampai saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” tegasnya.

Upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Safrizal dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, dan pelajar. 

Dalam upacara tersebut, Safrizal mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari demi tercapainya Indonesia Emas 2045 yang diidamkan. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending