DPR Gelar Uji Kelayakan Hakim Agung


Gedung DPR RI. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan atau fit and proper test terhadap calon hakim agung di Gedung DPR, Jakarta, Senin, (20/5/2019).

Anggota Komisi III, Arsul Sani menyebut ada empat calon hakim agung yang akan diuji.

“Ini sebetulnya proses seleksi calon hakim agung di DPR dalam bentuk uji kelayakan dan kepatutan terhadap empat calon hakim agung yang dikirim oleh Komisi Yudisial,” ujar Arsul di DPR, Senin, (20/5/2019).

Untuk diketahui, empat calon hakim agung itu adalah Cholidul Azhar dari kamar agama, Sartono dari kamar tata usaha negarw, serta Matheus Samiaji dan Ridwan Mansyur dari kamar perdata.

Dari empat nama tersebut, Arsul mengungkap kemungkinan calon hakim agung tersebut bisa jadi lulus semua atau sebagian saja.

“Kita lihat apakah di mata komisi III DPR keempat calon hakim agung ini memenuhi syarat sehingga disetujui atau ada yang tidak atau tidak disetujui semua,” paparnya.

Lebih lanjut Arsul mengatakan secara garis besar ada dua hal yang akan diuji oleh Komisi III, yaitu terkait pemahaman para calon hakim agung terhadap hukum dan teknis peradilan. Lalu, terkait rekam jejaknya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>