Zulhas Beri Selamat Jokowi, Waketum PAN: Hormati Hasil Pemilu


Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) saat mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menanggapi adanya ucapan selamat Zulkifli Hasan (Zulhas) kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin yang disinyalir bakal menang dalam kontestasi Pilpres 2019. Bara menilai sikap awal PAN menerima keputusan penetapan hasil Pemilu 2019 yang akan disampaikan KPU pada 22 Mei.

“Ucapan itu diberikan secara informal, tapi merupakan indikasi awal atas sikap resmi PAN nanti ketika KPU mengumumkan hasil resmi pengumuman presiden dan pemilihan legislatif tanggal 22 (Mei 2019),” kata Bara di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin, (20/5/2019).

Menurut Bara sikap yang ditonjolkan oleh Zulhas adalah refleksi dari upaya PAN untuk bisa berlaku sportif. Salah satunya mengajak para pendukungnya untuk menghormati hasil pemilihan umum (pemilu) 2019.

“Jadi yang jelas posisi kami adalah kami akan menghormati hasil yang akan diumumkan oleh KPU itu apapun hasilnya,” ujar Bara Hasibuan.

Kepada pewarta Bara mengingatkan kalau ada pihak merasa masih tidak terima dengan hasil Pemilu 2019 untuk menempuh jalur sesuai konstitusional sesuai proses hukum.

“Kami meminta pihak yang tidak puas kalau memang merasa ada kecurangan untuk menempuh jalur konstitusional,” Ujar Bara.

Kendati demikian, Posisi PAN akan menghormati hasil yang akan diumumkan oleh KPU apapun hasilnya.

“Misalnya nanti calon yang didukung PAN itu tidak menang dalam pemilihan presiden sesuai keputusan oleh pengumuman oleh KPU, kami tetap akan menghormati hasil itu. Mengenai langkah selanjutnya dari PAN setelah itu nanti akan kami putuskan,” Pungkasnya.

Sebelumnya, Zulkifli dan Ma’ruf sama-sama menghadiri buka puasa bersama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). Zulkifli mengucapkan selamat kepada Ma’ruf, yang menang Pilpres 2019 versi quick count saat menghadiri buka puasa bersama di Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat, Minggu, 19 Mei 2019.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>