BMKG: Dalam Sepekan Sejumlah Daerah di Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat


BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya peningkatan potensi curah hujan dalam sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan, peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

“Desakan ini memberikan pasokan uap air yang cukup dapat menyebabkan pembentukan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia,” kata Mulyono di Jakarta, Rabu, (27/11).

Sementara itu, kata dia, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat, dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di wilayah Indonesia bagian utara dalam beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan,” tuturnya.

Beberapa wilayah yang bakal terjadi hujan disertai angin kencang dan kilat pada 26-28 November 2019 di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Sementara itu, periode 29 November-2 Desember 2019 yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang, (Jabodetabek). Selanjutnya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>