Wakil Ketua Komisi VIII Dukung Jokowi Tidak Pulangkan WNI Eks ISIS


Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang, Foto:Ist

AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin memulangkan warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Marwan menilai, jika mereka dipulangkan, akan tidak sebanding dengan nilai kemanusiaan yang diusung dalam kehidupan bernegara.

“Karena itu, saya pikir apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi saya mendukung, sebagai pimpinan di Komisi VIII,” kata Marwan, saat dihubungi, Kamis (6/2/2020).

“Kita kan betapa sulitnya membuat program menjadikan urusan agama sebagai pondasi moral kita dalam berbangsa dan bernegara. Itu pun kita bobol, justru bobolnya di kita urusan agama. Dengan mudahnya kita mendatangkan mereka saya pikir tidak sebanding dengan nilai kemanusiaan yang diusung itu,” lanjut Marwan.

Menurut Marwan, penolakan WNI eks ISIS tidak bisa dicampur dengan urusan HAM. Justru, kata Marwan, orang yang berbeda ideologi akan merugikan masyarakat dunia.

“Karena bila bicara dengan HAM, justru kita juga perlu bertanya HAM kita di mana. HAM orang terganggu dengan tindak tanduk karena ideologinya itu kan sama juga menyasar masyarakat dunia,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku tak setuju dengan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia. Namun, menurut Jokowi, hal itu masih perlu dibahas dalam rapat terbatas.

“Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lho ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang ‘tidak’. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus-minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>