Update Corona 5 Aril 2020: Kasus Positif di Papua Bertambah 26 Orang


Ilustrasi Rapid Test , Istimewa

AKTUALITAS.ID -Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Provinsi Papua, sampai Minggu, (5/4/2020) bertambah 8 orang, sehingga secara kumulatif pasien positif corona berjumlah 26 orang.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan, dari angka tersebut saat ini ada 19 orang dalam perawatan, 5 orang sembuh dan 2 orang meninggal.

“Hari ini ada tambahan 8 orang kasus positif baru yakni 5 kasus di Kabupaten Mimika dan 3 kasus di Kota Jayapura, sehingga total kasus positif corona di Kota Jayapura sebanyak 12 orang, dengan catatan 8 orang dalam perawatan, 3 kasus sembuh dan 1 meninggal dunia,” kata Sumule.

Sedangkan, untuk Kabupaten Mimika, dengan adanya penambahan 5 kasus baru maka secara kumulatif ada 8 kasus positif, dengan catatan 7 pasien dalam perawatan dan 1 meninggal.

Lanjut Sumule, untuk data kasus pasien dalam pengawasan (PDP) hingga kini berjumlah 45 orang dengan catatan ada tambahan empat orang namun ada juga dua pasien yang sembuh dan sudah pulang.

“Untuk jumlah PDP dari sebanyak 44 orang menjadi 45 orang, dan ini bukan ada penambahan satu kasus namun karena ada 4 pasien baru, dan ada 2 pasien yang pulang, sehingga angkanya jadi 45 kasus,” ungkapnya.

Dari empat pasien PDP baru tersebut, dua berada di Kabupaten Merauke dan dua lagi di kota Jayapura, Sumule juga mengaku ada kabar baik dari pandemi Covid-19 di Papua, dimana hari ini di laporkan sebanyak 540 orang yang melepas status ODP dari jumlah sebelumnya 6392 orang menjadi 5852 orang.

“Berkurangnya ODP ini merupakan hasil kerja teman-teman satuan gugus di kabupaten/kota dengan tim surveilance yang tak kenal lelah mendata dan memberikan edukasi bagi mereka selama masa karantina,“ ujarnya

Selain itu, tim medis telah berhasil menyembuhkan 5 orang positif covid-19, yaitu 2 orang di Merauke dan 3 orang di kota Jayapura.