Update Corona di Lampung 5 April: 13 Pasien Positif, 2 Meninggal, 2 Sembuh


Ilustrasi Rapid Test , Istimewa

AKTUALITAS.ID – Jumlah pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Lampung hingga hari Minggu, (5/4/2020), terus mengalami peningkatan. baik ODP atau PDP atau kasus terkonfirmasi positif.

Dari data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Lampung menyebut kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung per Minggu sebanyak 13 pasien, 9 di antaranya tengah menjalani isolasi, 2 pasien meninggal, dan 2 pasien dinyatakan sembuh.

Lampung tercatat ada 37 PDP dengan rincian 15 pasien dirawat di rumah sakit, 4 isolasi mandiri meskipun telah dinyatakan positif, dan 18 negatif. Sementara ODP tercatat 1.530 orang, dengan rincian 1.179 proses pemantauan dan 351 selesai pemantauan setelah 14 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menerangkan, penambahan dua kasus baru di Lampung pasien nomor 12 dan pasien 13, untuk pasien nomor 12 merupakan seorang wanita berusia 53 tahun yang diketahui positif dari hasil tracing salah satu pasien positif.

“Kedua Pasien berasal dari Bandarlampung (Pasien nomor 12) dia wanita berusia 53 tahun yang diketahui positif dari hasil tracing salah satu pasien positif, kondisi dalam keadaan sehat, sementara pasien nomor 13 sebelumnya memang berstatus PDP laki-laki 63 tahun. Untuk pasien nomor 13 tracingnya akan dimulai besok, datanya sudah ada dengan rapit tes dan apabila positif akan dilanjutkan dengan swab,” ujar Reihana melalui video yang kirimkan kepada awak media.

Soal terus meningkatnya kasus Covid-19 di Lampung dan semakin bertambah ODP dan PDP Reihana mengatakan bakal terus meningkatkan pengawasan masyarakat yang baru sampai Lampung dengan melakukan pemeriksaan di bandara dan pelabuhan, Bakauheni bekerjasama KKP, ASDP, dan Dishub.

“Kami akan memperketat lagi pengawasan di pintu masuk Lampung. Kami sudah dapat data detail dari ASDP ini akan penting dibutuhkan karena akan digunakan petugas surveilance yang akan melacak data penumpang yang telah diterima,” lanjutnya.

Selain kabar penambahan pasien positif juga ada kabar baik dari dua pasien terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh adalah pasien 01 dan 03 yang telah dinyatakan sembuh ini akan mulai keluar besok, Senin.

“Untuk pasien yang sembuh satu akan keluar besok pagi, namun satu pasien lainnya masih isolasi di RSUDAM tapi tidak di ruang isolasi dengan tekanan negatif. Kita tentu berpesan pada yang pulang tetap melakukan karantina mandiri selama 14 hari kedepan,” ujarnya.

Terkait peningkatan data tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan jika Lampung belum masuk zona kuning maupun merah dalam kasus Covid-19.

Penetapan zona itu oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Lampung sampai saat ini tak memiliki catatan kasus transmisi lokal. Inilah yang menjadi dasar kondisi Lampung meskipun kasus terkonfirmasi bertambah namun tak berubah statusnya, masih hijau.

“Soal penentuan zona tertentu, Lampung belum ada penetapan zona. Penetapan merah, hijau, kuning itu dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes. Sampai saat ini Lampung masih zona hijau, mudah-mudahan tidak berubah zonanya. Dan belum ada transmisi lokal karena pasien 1 sampai 13 merupakan ada hubungan kontak luar Lampung,” terangnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>