Selama Tangani Corona, Perawat Usul Penerapan Jam Kerja Khusus


ilustsrasi, foto: Ist

AKTUALITAS.ID – Pemerintah diminta untuk mempertimbangkan perubahan rotasi waktu kerja bagi para perawat atau tenaga medis yang menangani kasus pasien virus corona. Usulan ini disampaikan salah satu perawat, Nurdiansyah dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB terkait cerita dan tugasnya selama merawat pasien Covid-19.

Nurdiansyah yang bertugas di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso itu menyarankan penerapan waktu kerja khusus bagi para tenaga medis.

“Kalau bisa, pemerintah adakan waktu untuk kami bekerja tidak seperti biasa. Misalnya, 14 hari kerja, 14 hari libur,” tutur Nurdiansyah dikutip dari Antara, Minggu (19/4/2020).

Nurdiansyah mengatakan, sampai saat ini belum ada perubahan pola waktu kerja selama dirinya menangani pasien Covid-19. Ia tetap bekerja sesuai aturan yang sama seperti ketika Covid-19 belum merebak di Indonesia–khususnya di ibu kota.

Ia lantas mengungkapkan, selama sebulan ini belum pernah bertemu keluarganya lantaran mesti mengemban tugas mengurus dan merawat para pasien Covid-19.

“Jujur saya sudah sebulan lebih tidak bertemu dengan orang tua. Saya memang khawatir, karena orang tua saya memiliki penyakit penyerta (komorbid),” tutur Nurdiansyah.

Kendati begitu, dengan segala tantangan tersebut ia mengapresiasi pemerintah karena telah menyediakan fasilitas yang layak bagi para petugas medis selama merawat pasien-pasien Covid-19.

“Alhamdullilah pemerintah sudah memberikan penginapan untuk teman-teman agar bisa transit dan beristirahat,” kata dia.

Lebih lanjut terkait upaya mengerem laju penyebaran virus corona ini, Nurdiansyah pun berharap tak hanya kepada pemerintah melainkan juga seluruh lapisan masyarakat. Ia meminta warga untuk aktif mempraktikkan dan menerapkan pencegahan Covid-19. Salah satunya, mengikuti anjuran serta aturan pemerintah juga tenaga medis.

“Tolong lakukan pencegahan. Satu-satunya solusi Covid-19 adalah pencegahan. Jadilah garda terdepan, karena garda terdepan adalah masyarakat yang artinya kita semua,” kata dia menambahkan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>