Update Corona di Sumsel 30 April: 150 Positif, 23 Sembuh, 4 Meninggal, 3.390 ODP


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

AKTUALITAS.ID – Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan mengumumkan adanya penambahan enam orang yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) pada hari ini, Kamis, (30/4/2020). Selain jumlah positif, Gugus Tugas juga menyampaikan penambahan satu pasien sembuh.

“Penambahan kasus positif enam orang itu, tiga di antaranya berdomisili di Palembang dan tiga orang lagi berdomisili di Lubuk Linggau. Semua kasusnya berstatus transmisi lokal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Nur Purwoko Widodo.

Tambahan enam pasien positif tersebut membuat jumlah kasus virus corona di Sumatera Selatan meningkat menjadi 150. Sementara untuk pasien sembuh menjadi 23 orang, dan yang meninggal tetap empat.

Menurut Nur Purwoko, tambahan satu yang sembuh itu ialah pasien asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Pasien tersebut tercatat sebagai kasus nomor 14 dari Sumatera Selatan.

“Pasien sembuh itu kasus nomor 14 berasal dari OKU. Jadi total pasien sembuh sebanyak 23 orang, terdiri dari Palembang (16 orang), OKU (3 orang), OKI (2 orang), Pagaralam (1 orang) dan luar Provinsi (1 orang),” ungkapnya.

Sementara, untuk jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP), di Sumatera Selatan sebanyak 3.390 orang. Telah selesai pemantauan 2.272 orang dan masih dalam pemantauan 1.658 orang.

Sedangkan untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 199 orang. Dengan rincian, telah selesai pengawasan 114 orang, dan masih dalam pengawasan 85 orang. Penambahan PDP ada 5 orang.

“Jumlah sampel yang masih diperiksa BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Palembang 830. Dengan rincian OTG 541, PDP 225 dan ODP 64 sampel. Jumlah sampel negatif 167, positif 150 dan masih dalam proses 513 sampel,” terangnya.

Dia mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi aturan dari Pemerintah, seperti selalu memakai masker dan menerapkan social distancing serta physical distancing.

“Gunakanlah selalu masker di manapun kalian berada saat keluar rumah, apalagi sekarang kalau tidak pakai masker akan diisolasi. Cuci tangan pakai sabun di air mengalir setiap saat,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>