Piala Dunia 2022, Menaker Minta Qatar Libatkan Pekerja Indonesia


Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Pembina YTKI Bomer Pasaribu, menghadiri penandatanganan surat serah terima Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) di Jakarta, Kamis (19/12). Menaker mengatakan dengan menyerahterimakan gedung/bangunan YTKI, aset itu akan dikelola dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang pelaksanaan tugas. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar LBPP Qatar untuk Indonesia, Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti pada Jumat (26/6/2020). Dalam kesempatan itu, Ida menyatakan kesiapan kerja sama ketenagakerjaan antara pemerintah Indonesia dengan Qatar terkait tata kelola penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Selain itu, Ida berharap agar pemerintah Qatar dapat memberikan kesempatan kerja lebih luas bagi PMI, khususnya pekerja terampil, termasuk dalam agenda penyelenggaraan Piala Dunia 2022 mendatang.

“Bukan hanya skilled worker untuk Piala Dunia, kami harap pemerintah Qatar juga agar membuka kesempatan kerja bagi anak-anak lulusan BLK, termasuk BLK Komunitas,” kata Ida di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta.

Ida mengingatkan agar kerja sama bilateral ketenagakerjaan terkait penempatan PMI di Qatar itu disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI). Ia berharap agar pemerintah Qatar meningkatkan aspek perlindungan dan kesejahteraan pekerja Indonesia yang bekerja di negara Timur Tengah itu.

“Kami harap revisi aturan di Qatar bagi pekerja migran dapat meningkatkan perlindungan serta membuka lapangan kerja sektor formal bagi pekerja migran Indonesia di sana,” katanya.

Fawziya Edrees Salman Al-Sulaiti menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama dengan pemerintah Indonesia, khususnya di bidang ketenagakerjaan. Menurutnya, pembicaraan tersebut akan dilaporkan kepada pemerintah Qatar untuk ditindaklanjuti.

Karo Kerja Sama Luar Negeri (KLN) Kemnaker Indah Anggoro Putri menambahkan, hasil kunjungan kehormatan akan dilanjutkan lewat pertemuan virtual antara Kemnaker di Indonesia dengan Kementerian yang membidangi ketenagakerjaan di Qatar pada pekan depan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>