Akibat Trafo Rusak, Pembangkit Listrik di Iran Meledak


ilustrasi kebakaran, globalnews

Sebuah perangkat pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kota Isfahan, Iran, dilaporkan meledak pada Minggu (19/7) kemarin.

Seperti dilansir Middle East Eye, Senin (20/7), tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pejabat setempat menyalahkan usia perangkat yang uzur sebagai penyebab ledakan itu.

“Transformator (trafo) yang sudah tua meledak di pembangkit listrik tenaga panas bumi Islamabad di Isfahan pada pukul 05.00,” demikian isi pernyataan manajer perusahaan listrik Isfahan seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

Proses perbaikan akibat ledakan itu memakan waktu hingga dua jam. Namun, jaringan listrik setempat tidak terganggu akibat kejadian itu.

Pekan lalu, ledakan dan kebakaran terjadi di galangan kapal di Iran.

Sebelumnya juga terjadi ledakan di sebuah pabrik di Teheran yang menewaskan dua orang.

Selain itu, ledakan juga terjadi kompleks fasilitas nuklir Natanz. Meski sampai saat ini mereka tidak membeberkan penyebab kejadian itu, tetapi diduga insiden tersebut diduga adalah perbuatan intelijen Israel.

Pada 2011 silam, Iran menuduh Israel dan Amerika Serikat berada di balik serangan siber Stuxnet yang menyebabkan alat sentrifugal di fasilitas pengayaan nuklir mereka rusak. Namun, Israel dan AS membantah tuduhan itu

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>