Wagub DKI Tegaskan akan Terus Tambah Area Pemakaman Covid-19


Petugas pemakaman mengali tanah untuk jenazah pasien COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, pemakaman pasien corona digelar tanpa dihadiri banyak orang.AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya tetap harus menambah area pemakaman untuk pasien meninggal lantaran terpapar Covid-19. Meski jumlah pasien Covid-19 sembuh kian banyak, dia tak memungkiri setiap hari ada pasien yang meninggal.

“Ya pemerintah itu kan harus menyiapkan berbagai fasilitas, rumah sakit ditambah, dokter ditambah, ICU ditambah, APD, semua. Termasuk pemakaman kan ditambah. Jumlah orang yang meninggal karena Covid-19 kan juga terus bertambah seiring dengan usia dan sebaginya. Apalagi ada Covid-19,” katanya di Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Dia meminta masyarakat tak perlu khawatir berlebih saat melihat area pemakaman umum terus ditingkatkan. Penambahan area pemakaman akan terus disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Jadi tugas kita, pemerintah, dimana pun di dunia ini harus menyiapkan tempat-tempat pemakaman, apalagi ada Covid-19. Tentu jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kami pastikan jangan ada kekhawatiran seluruh warga, bahwa pemakaman di jakarta tidak ada. Kami pastikan ada,” tutup politikus Gerindra itu.

Diberitakan sebelumnya, Ahmad Riza Patria mendatangi RS Darurat Wisma Atlet usai meninjau RSUD Covid-19 di Pasar Minggu. Sama seperti saat ke RSUD Pasar Minggu, Riza di Wisma Atlet juga mengecek kesiapan penanganan pasien Covid-19.

“Hari ini saya melihat langsung, berdialog langsung, berinteraksi dengan dokter, tenaga medis, dan pasien. Jadi sesuai dengan laporan yang ada bahwa pelayanan sangat baik. Kita bersyukur di Jakarta kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh warga, khususnya pasien Covid-19, itu yang penting,” ucap Riza di Wisma Atlet, Sabtu (3/10).

Riza mengatakan, usai meninjau Wisma Atlet dirinya mendapat laporan terkait ketersediaan ruangan dan tempat tidur untuk pasien Covid-19. Termasuk juga alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga kesehatan mencukupi.

“Kemudian dukungan tempat tidur tidak perlu dikhawatirkan. Jumlahnya mencukupi, kita terus menjaga sesuai saran dari pemerintah dan WHO agar bisa terjaga di 60 sampai 70 persen. Juga APD, masker, obat-obatan, suplemen juga siap, termasuk tenaga dokter dan medis kita terus penuhi,” ujar Riza.

Riza menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengevaluasi penanganan demi meminimalisasi penularan Covid-19. Dia memastikan juga akan meningkatkan jumlah laboratorium dan ruang ICU selama pandemi Covid-19.

“Terkait dengan jumlah lab dan ICU juga terus kita tingkatkan, di Jakarta ada 55 laboratorium, RS juga terus kita tingkatkan dari yang ada,” kata dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>