Menteri Teten Sebut Target BPUM Tercapai 100 Persen


Teten Masduki , (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan pihaknya telah mencapai realisasi 100 persen untuk program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang diluncurkan pada akhir Agustus 2020.

Pada awal peluncuran program, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) menargetkan 9 juta penerima manfaat dan sudah mencapai target 100 persen.

Pada pekan ini, pemerintah mengejar target tambahan 3 juta pelaku usaha mikro hingga akhirnya secara bertahap mencapai total 12 juta pelaku usaha mikro. BPUM merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Menurut survei Asian Development Bank (ADB), BPUM paling tepat dan paling dibutuhkan oleh UMKM karena pendapatan banyak yang turun. Program ini cepat terserap dengan dukungan Bank Himbara, Koperasi, Pemda, dan K/L yang melakukan pendampingan,” kata Menkop UKM Teten Masduki saat memberikan keterangan persnya di Istana Kepresidenan di Jakarta, Rabu, (7/10/2020).

Teten menambahkan, sampai saat ini penyaluran BPUM dinilai tepat sasaran karena proses validasi data diperhatikan sejak awal. Bagi yang belum mendapatkan bantuan, segera daftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UKM setempat. Selain ketepatan, pemerataan menjadi perhatian utama Teten.

“Kami ingin memastikan penyaluran ini dari aspek pemerataan antar daerah, ketepatan sasaran, lalu kecepatan juga ingin jadi fokus kami. Karena program ini juga diharapkan bisa ikut membantu memulihkan ekonomi,” tegasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>