Kasus Covid-19 Tembus 1 juta, Menkes Budi Ajak Warga Merenung


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. /Dok. BNPB Indonesia

AKTUALITAS.ID – Kasus Covid-19 di Indonesia semakin bertambah hingga mencapai 1 juta pada Selasa (26/1). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menanggapi kasus Covid-19 tembus 1 juta tersebut usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya dititipi pesan pak presiden untuk menyampaikan ke seluruh rekan-rekan bahwa hari ini adalah hari di mana jumlah orang yang terpapar Covid di Indonesia menembus angka satu juta orang. Angka ini memiliki makna dua hal yang harus kita sadari. Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari,” kata Budi di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/1/2021).

Pertama kata dia, seluruh masyarakat harus berduka dengan banyaknya yang telah meninggal. Khususnya kata dia para tenaga kesehatan lebih dari 600 untuk mengatasi pasien Covid-19.

“Mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat sudah meninggalkan kita. Itu momen pertama yang harus kita lalui, bahwa ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini,” ungkap Budi.

Kemudian momen kedua yaitu, seluruh pihak harus terus bekerja keras. Sehingga kata dia, para tenaga medis tidak sia-sia dalam melakukan pengorbanan yang sudah dilakukan.

“Momen kedua kita juga harus sadar bahwa kita harus bekerja sangat keras sehingga pengorbanan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan kita terutama tenaga kesehatan itu tidak sia-sia dan bagaimana bekerja keras ke depannya, bekerja sangat keras, bekerja ekstra keras,” kata Budi.

Sebelumnya diketahui Kasus positif Covid-19 bertambah 13.094 orang pada hari ini, Selasa (26/1). Tambahan itu membuat total kasus positif di Indonesia tembus 1.012.350 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 820.356 orang dinyatakan sembuh bertambah 10.868, dan 28.468 orang lainnya meninggal dunia bertambah 336.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>