Menko Luhut: Perlu Kerja Keras untuk Perbaiki Ekonomi Akibat Pandemi


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan,AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Jokowi memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2020 bakal berada di minus 1,7 persen. Untuk bisa memperbaiki ekonomi nasional di tahun 2021, pemerintah perlu bekerja keras.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyadari, ada lima sektor utama yang terpuruk selama pandemi covid-19 di 2020. Di antaranya industri manufaktur, pertambangan, konstruksi, hotel dan restoran.

“Bagaimana tahun ini? Kami semua tentu belum tahu bagaimana. Tapi di semester pertama tahun ini kami pemerintah harus bekerja lebih keras untuk bisa memulihkan ekonomi,” ujar Luhut di acara Mandiri Investmen Forum 2021 secara virtual, Rabu (3/2/2021).

Dia menyadari, sebagian besar perekonomian Indonesia ditopang oleh kelompok UMKM. Bahkan sektor telekomunikasi dan UMKM menjadi masih akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di tahun ini.

“Industri komunikasi, dan industri rumahan mampu bertahan hingga kuartal III tahun lalu. Menyumbang pertumbuhan positif hingga 10,8 persen. Ini yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Luhut.

Luhut berharap dengan adanya vaksin, bisa mendorong pergerakan ekonomi di tahun ini. Dia melihat adanya sinyal positif terutama di sektor jasa dengan melihat perkembangan yang cukup signifikan di akhir tahun lalu. Potensi ini bisa digenjot untuk bisa memulihkan ekonomi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>