Tiga Kecamatan di Subang Terendam Banjir


Sejumlah mobil terendam banjir di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Hujan deras yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir memicu terjadinya banjir dan longsor di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Meski sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa, bencana alam tersebut merendam puluhan rumah dan beberapa unit di antaranya rusak.

Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, banjir dan longsor terjadi pada Minggu (7/2) di berbagai tempat.

Banjir meliputi tiga kecamatan yaitu Kecamatan Subang di mana 30 rumah terendam dengan jumlah 50 kepala keluarga (KK).

Di Kecamatan Cibogo, luapan air merendam 1 usaha ikan dan usaha budidaya ayam dan dengan ketinggian air sekitar 30 cm.

Selain itu, akses jalan raya Kabupaten Sukamelang-Cinangsi tertutup karena luapan air Desa Cibogo. Sedangkan di Kecamatan Pabuaran, sebanyak 30 rumah terendam yang terdiri dari 32 kepala keluarga.

“Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan saluran air tidak menampung debit air yang tinggi sehingga meluap ke area permukiman,” ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat Budi Budiman Wahyu dalam keterangan tertulis, Senin (8/2/2021).

Selain banjir, kejadian tanah longsor juga terjadi di empat lokasi berbeda di Subang. Semua peristiwa longsor terjadi pada Minggu (7/2) kemarin.

Pertama, longsor di Dusun Cimerta RW 08, Kelurahan Pasirkareumbi, Kecamatan Subang yang menyebabkan satu unit rumah tertimpa longsoran. Adapun korban jiwa dalam peristiwa itu sebanyak satu orang luka-luka dan sudah dibawa ke RSUD Ciereng.

Masih di Kecamatan Subang, longsor juga terjadi di Kampung Walahar RT 46 RW 19, Kelurahan Dangdeur. Material ambruknya TPT menutupi sebagian bahu jalan sehingga terganggunya aktivitas jalan tersebut.

Sedangkan di Kampung Wangunreja RT 14 RW 03 Kelurahan Rawalele, Kecamatan Dawuan, longsor mengancam tiga rumah yang rentan longsor susulan. Penyebab longsor yaitu hujan deras yang mengakibatkan luapan air sungai menggerus dinding sungai.

Selain itu, longsor juga menerjang Perumahan Pesona Alam Cisugih R5 68 RW 07, Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang.Material longsoran menutup saluran air dan air masuk ke permukiman warga.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>