Dampak PSBB, Pemprov DKI Sebut Kualitas Udara Membaik


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Syaripudin menyebut kualitas udara Jakarta selama masa pembatasan aktivitas masyarakat membaik. Indikator tersebut dirasa dari warna langit yang cerah.

“Hal ini karena adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor,” kata Syaripudin, Rabu (17/2/2021).

Syaripudin menuturkan, kebijakan PSBB berdampak signifikan karena mobilitas warga sangat berkurang. Di samping kebijakan pembatasan bertujuan menekan angka kasus Covid-19. Namun, ia menilai sisi positif dari PSBB sangat terasa baik.

“Pandemi telah menunjukkan kepada kita, bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik, dan oleh karena itu kita perlu berubah menuju kota yang lebih berkelanjutan dan tangguh,” ujarnya.

Ia menuturkan, sejak beberapa tahun sebelumnya Pemprov DKI telah mendorong masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum demi perbaikan kualitas udara. Begitupun dengan adanya ketetapan wajib uji emisi bagi kendaraan bermotor, sehingga kendaraan yang melalui Jakarta adalah kendaraan yang sudah lulus uji emisi.

“Kami juga mengerjakan perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Dan mulai menerapkan uji emisi di berbagai wilayah untuk menuju udara bersih Jakarta,” imbuhnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>