LSI Denny JA Sebut Relawan Jokowi Tak Punya Pengaruh Besar di Pilpres 2024


Relawan menghadiri acara Konser Putih Bersatu dalam rangka kampanye akbar pasangan pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) - Ma'aruf Amin di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). AKTUALITAS.ID /Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo menyebut Relawan Jokowi yang selama dua kali pilpres mempunyai peran besar telah ditarik sejumlah pihak untuk Pilpres 2024. LSI Denny JA menilai relawan Jokowi tak mempunyai pengaruh besar terhadap Pilpres 2024.

“Saya pikir ini kan yang muncul ke publik adalah relawan-relawan Jokowi yang berbicara publik. Artinya banyak juga kalau bicara relawan seorang calon presiden yang dalam pengalaman kita ini kan segmen-nya beragam, jumlah kelompoknya juga sangat beragam, sehingga saya pikir pengaruh relawan itu tidak sesignifikan dari pengaruh tokohnya sendiri,” kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Menurut Adjie, secara tokoh, Jokowi dapat memberikan pengaruh untuk endorsement terhadap salah satu calon di Pilpres 2024. Sementara Relawan Jokowi, punya kerja yang cukup baik untuk menjaring pemilih.

“Artinya sebagai mesin mereka oke, mereka bisa menjadi kekuatan untuk menjaring pemilih,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Relawan Jokowi seperti halnya relawan lain yang tidak punya pengaruh besar. Namun ditegaskan bahwa dukungan Jokowi ke salah satu calon punya pengaruh signifikan.

“Namun untuk pengaruh secara elektoral, banyak juga relawan-relawan dari masing-masing calon presiden ini beragam segmen, sehingga tidak bisa kita sebut bahwa relawan seorang capres, relawan Jokowi, punya pengaruh yang besar ya. Tapi kalau tokohnya sendiri memang cukup berpengaruh,” imbuhnya.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebut Relawan Jokowi sudah mulai ditarik-tarik dukungan oleh para calon di Pilpres 2024. Jokowi meminta relawan sabar karena dia pasti akan menentukan sikap.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutan Rapat Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi seperti ditulis Minggu (13/6). Mulanya, Jokowi menyebut relawan-relawannya memang seksi di mata tokoh politik.

“Akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati. Kenapa begitu, karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan, mengantarkan saya menjadi presiden Republik Indonesia 2 periode. Bener, nggak?” ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan memang suda ada relawannya yang ditarik mendukung calon tertentu, tapi lebih banyak yang sabar. Jokowi mengimbau para relawan bersabar dan tidak terburu-buru menentukan peta politik 2024.

“Dan sekarang saja sudah ada relawan Jokowi yang ditarik-tarik untuk mendukung A, sudah ada yang dirayu-rayu untuk mendukung si B, dan dirangkul oleh si C, dan sebagainya. Tapi masih lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu,” kata Jokowi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>