Demokrat: Kenaikan Elektabilitas Sinyal Positif dan Kualitas Kepimimpinan AHY


Ketua Umum terpilih Partai Demokrat yang baru, Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan pidato kemenangannya saat Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020). Dalam kongres tersebut, Agus Harimurti Yudhoyono terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono yang selanjutnya menjadi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. AKTUALITAS.ID/Munzir.

AKTUALITAS.ID – Deputi Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengklaim elektabilitas partainya di sejumlah lembaga survei mengalami kenaikan. Meski terjadi fluktuasi persentase, namun dia membandingkan posisi Demokrat di survei saat ini berada pada urutan ketiga. Sementara pada Pemilu 2019 partai berlambang bintang mercy ini di urutan keenam.

Menurutnya, kenaikan elektabilitas partai merupakan sinyal positif dan indikasi kualitas kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono.

Trend positif ini, lanjut Kamhar, terjadi sejak tahun 2020 sebelum isu kudeta kursi ketua umum partai Demokrat oleh KSP Moeldoko. AHY telah menginstruksikan gerakan nasional perang melawan Covid-19.

“Kala itu sistem penjelasnya adalah berbagai gebrakan yang dilakukan Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Mas Ketum AHY melalui Instruksi Ketum, berupa gerakan nasional Partai Demokrat perang semesta melawan Covid-19 yang membagikan alkes, alat pelindung diri, masker, hand sanitizer kepada tenaga kesehatan dan masyarakat.

Selanjutnya gerakan nasional peduli dan berbagi yang membagi-bagikan sembako dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat yang terdampak. Kemudian ada gerakan free wifi dan bantu UMKM,” kata Kamhar kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Kamhar melanjutkan, sejak awal Demokrat juga sudah menyuarakan agar segera dilakukan lockdown sesuai amanah UU Karantina Kesehatan supaya penyebaran Covid-19 dapat terkendali dan bisa diatasi.

Kemudian, tren positif Demokrat diperkuat dengan kepiawaian dan kehandalan AHY yang didukung kader untuk mengatasi kudeta.

“Pada kuadrimester pertama 2021 trend positif ini diperkuat oleh kepiawaian dan kehandalan kepemimpinan Mas Ketum AHY yang didukung segenap kader dalam mengatasi GPK PD yang dipimpin KSP Moeldoko. Mas Ketum AHY juga mengingatkan dan menegaskan kepada seluruh kader agar gerakan nasional Partai Demokrat peduli dan berbagi terus dilanjutkan dan diintesifkan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga survei Suara Milenial Institute merilis survei terbaru tentang elektabilitas partai politik di masa pandemi. Hasilnya, ada penurunan elektabilitas partai dibandingkan perolehan pada pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Suara Milenial Institute, Muhammad Aderman mengungkapkan partai lama itu disinyalir tidak mampu menjaga perolehan suaranya di masa pandemi ini.

“Ketika ditanyakan kepada publik, partai mana yang akan anda pilih jika Pemilu sekarang? PDIP masih menempati urutan pertama dalam tingkat elektabilitas, namun suaranya menurun menjadi 17,5 persen. Disusul oleh Partai Gerindra 10,5 persen, di urutan ketiga ada Partai Demokrat 6,9 persen. Kemudian PKS memperoleh 5,6 persen, dan Golkar meraih 5,2 persen,” ungkap dia, Jumat (30/7). 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>