Berita
Percakapan soal Baliho, Mengerek Popularitas Puan Maharani
AKTUALITAS.ID – Sistem monitoring percakapan di platform online berdasarkan big data, Drone Emprit, menyebut ramainya percakapan soal baliho Puan Maharani di berita online dan media sosial ternyata ikut mengerek popularitas Ketua DPR tersebut.Menurut hasil monitoring Drone Emprit pada 7 Juli 2021-7 Agustus 2021, dari sejumlah tokoh politik yang memasang baliho, hanya Puan yang popularitas atau eksposurnya (share of voices) di berita online […]

AKTUALITAS.ID – Sistem monitoring percakapan di platform online berdasarkan big data, Drone Emprit, menyebut ramainya percakapan soal baliho Puan Maharani di berita online dan media sosial ternyata ikut mengerek popularitas Ketua DPR tersebut.
Menurut hasil monitoring Drone Emprit pada 7 Juli 2021-7 Agustus 2021, dari sejumlah tokoh politik yang memasang baliho, hanya Puan yang popularitas atau eksposurnya (share of voices) di berita online dan Twitter bertengger di urutan empat besar.
Eksposur masing-masing tokoh di berita online dan Twitter mulai dari yang teratas yakni Anies baswedan (43 persen berita online-50 persen twitter), Ganjar Pranowo (25 persen-27 persen), Ridwan Kamil (19 persen-12 persen) dan Puan Maharani (13 persen-12 persen).
“Anies paling banyak diserang di medsos, popularitasnya selalu tertinggi. Puan juga makin populer, lewat baliho yang banyak disindir dan jadi meme netizen,” kata Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, lewat akun Twitternya, @ismailfahmi, Minggu, (8 /8/2021).
Bahkan, kata Fahmi, tren popularitas Puan dalam sebulan terakhir hampir mengejar tren Ganjar. Fahmi menyampaikan popularitas merupakan gabungan percakapan yang bernada positif, negatif dan netral.
“Tak peduli sentimennya apa,” ujarnya.
Dari popularitas, lanjut Fahmi, diharapkan nanti akan naik favorabilitasnya (sentimen positif-negatif), lalu dikapitalisasi jadi elektabilitas.
“Teorinya begitu. Kenyataan di lapangan bisa bermacam-macam faktor yang berpengaruh,” kata PhD Ilmu Informasi dari Universitas Groningen, Belanda, tersebut.
Sementara itu, Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi, menilai baliho atau billboard memberikan ‘efek oh’ untuk pengenalan awal seorang tokoh politik.
“Efek oh itu maksudnya oh ada menteri namanya ini, oh ternyata ada ketua DPR yang namanya ini,” kata Hasan lewat akun Youtubenya.
“Efek oh diperlukan sebagai awal, pengenalan, sisanya dia harus lengkapi,” lanjutnya.
Menurut Hasan, elektabilitas tidak mungkin didapat tanpa pengenalan. Oleh karenanya, teknik konvensional lewat baliho bisa menjadi pembuka untuk pengenalan, dan kemudian dilanjutkan dengan teknik lain yang lebih canggih.
“Jadi (baliho) menurut saya sah-sah saja dicoba,” ujarnya.
-
FOTO23/04/2025 16:00 WIB
FOTO: Bakti Sosial IBI Sambut Hari Pekan Imunisasi Dunia
-
EKBIS23/04/2025 11:30 WIB
Kabar Baik dari Pasar Energi: Harga Minyak Naik Tajam Setelah Penurunan Stok AS
-
POLITIK23/04/2025 11:00 WIB
Catur Politik Tingkat Tinggi: Prabowo Hadapi “Kudeta Tertutup” Sang Mantan?
-
JABODETABEK23/04/2025 17:00 WIB
Satu Juta Lebih Bayi Diimunisasi Serentak: Kolaborasi Hebat IBI dan Dinkes Wujudkan Generasi Emas 2045
-
OTOTEK23/04/2025 12:30 WIB
Revolusi Internet Dimulai: China Pecahkan Rekor Kecepatan dengan 10G
-
JABODETABEK23/04/2025 15:30 WIB
Tawuran Pelajar Pecah di Kampung Melayu Jaktim, 20 Orang Digelandang Polisi
-
POLITIK23/04/2025 15:00 WIB
PAN Nilai Arahan Presiden Prabowo Merapatkan Barisan Menteri Adalah Hal Lazim dan Positif
-
DUNIA23/04/2025 14:00 WIB
Tiga Bulan Berkuasa, Trump Guncang Fondasi Demokrasi Amerika Serikat