Akibat Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Asahan Terendam Banjir


AKTUALITAS.ID – Ratusan rumah di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara terendam banjir usai hujan deras, Senin (16/8). Banjir diperparah akibat jebolnya tanggul penahan sungai jebol di Desa Punggulan Kecamatan Air Joman.

“Berdampak naik dan meluapnya debit air di beberapa sungai di Asahan, serta saluran air/parit yang banyak tersumbat/tidak lancar,” ujar Sekretaris BPBD Asahan Khaidir Sinaga, Senin (16/8).

Dia menyebutkan sedikitnya 707 KK/RT setara 1.898 jiwa terdampak tergenang air. Namun pendataan masih terus dilakukan. Kemudian banjir juga merusak saluran drainase rusak di Desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring.

“1 unit rumah warga di Desa Karya Ambalutu rusak sedang. 1 unit SD Negeri terancam roboh karena berbatasan dengan longsoran di Desa Gotting Sidodadi Kecamatan B.P.Mandoge,” urainya.

Tak hanya itu, dua SD Negeri terendam di Desa Perk.Sei Dadap III/IV Kecamatan Sei Dadap dan Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji. Tiga buah rumah ibadah terendam. Kemudian akses jalan umum terendam sehingga tidak bisa dilalui arus lalu lintas.

“Beberapa areal pertanian serta perikanan warga terendam. Kondisi ini juga diikuti dengan terjadinya longsor pada ruas jalan Kabupaten di Dusun III Desa Gotting Sidodadi Kecamatan B.P.Mandoge dengan kedalaman 17 meter,” sebutnya.

BPBD Kabupaten Asahan bersama dengan perangkat kecamatan serta perangkat desa masing-masing, tambahnya melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana prasarana yang ada.
“Kita juga mendirikan posko siaga bencana, posko kesehatan dan dapur umum dan pemberian pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban terdampak. Kami mengimbau warga untuk tetap siaga dan berpindah dari rumah jika air terus bertambah,” tegasnya.

Adapun wilayah yang terdampak banjir yakni:

  1. Desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring;
  2. Desa Sei Silau Tua, Desa Sei Silau Barat, Desa Urung Pane, Desa Bangun Sari Kecamatan Setia Janji
  3. Desa Perk. Sei Dadap III/IV, Desa Perk.Sei Dadap I/II, Desa Tanjung Alam, Desa Sei Kamah Baru. Desa Bahung Sibatu-batu Kecamatan Sei Dadap
  4. Desa Terusan Tengah Kecamatan Tinggi Raja
  5. Desa Karya Ambalutu Kecamatan Buntu Pane
  6. Desa Punggulan Kecamatan Air Joman
  7. Desa Rawang Lama, Desa Rawang Pasar IV Kecamatan Rawang Panca Arga
  8. Desa Hessa Air Genting Kecamatan Air Batu
  9. Desa Perk. Hessa Kecamatan Simpang Empat
  10. Desa Gotting Sidodadi Kecamatan B.P.Mandoge
  11. Kelurahan Siumbut-umbut Kecamatan Kota Kisaran Timur
slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>