Wagub DKI Minta Masyarakat agar Disiplin Menerapkan Prokes saat PPKM Level 2


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat pelaksanaan PPKM level dua. Sebab sejumlah pelonggaran telah kembali diberlakukan. Menurut dia, pelonggaran berpotensi memicu kerumunan dan dapat menimbulkan penyebaran Covid-19.

“Apalagi kita juga akan memasuki akhir tahun, musim libur. Seperti libur-libur sebelumnya selalu terjadi peningkatan penyebaran Covid. Jangan sampai akhir tahun ini dan awal tahun depan terjadi peningkatan kembali dan terjadi gelombang ketiga,” kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu (23/10/2021).

Politikus Gerindra itu mengimbau para orang tua tetap memantau keluarga untuk taat protokol kesehatan saat bepergian ke pusat keramaian seperti mal atau tempat rekreasi. Saat ini anak di bawah 12 tahun telah diperbolehkan mengunjungi mal dan tempat wisata.

“Orang tua tetap dijaga anak-anaknya, pastikan menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan lain sebagainya. Jadi sekali lagi, kita belajar dari pengalaman tahun 2020 terjadi peningkatan (kasus),” ucapnya.

Sementara itu, Riza menyatakan tingkat vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota terus meningkat. Sebab target vaksinasi di Jakarta mencapai 11,4 juta dosis.

“Alhamdulillah vaksin sampai dengan kemarin itu sebesar 10.798.829 dosis pertama. Dosis kedua ini 8.204.961 sehingga dosis satu dua sudah mencapai 19 juta lebih,” paparnya.

Lalu, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 terus mengalami penurunan. Yakni untuk BOR tempat isolasi mandiri mencapai 7 persen dan ICU 19 persen.

Riza juga menyatakan penurunan kasus Covid-19 di Jakarta terjadi berkat adanya kolaborasi semua pihak. Mulai dari TNI-Polri, organisasi hingga masyarakat.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>