BPDB Minta Warga Jakarta Waspada Cuaca Ekstrem Pada Sabtu-Minggu


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat di sekitar wilayah Jakarta mewaspadai cuaca ekstrem pada 30-31 Oktober. Cuaca ekstrem ini berupa hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir di sekitar Jakarta.

“Waspada cuaca ekstrem di DKI Jakarta. Durasi 30 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 31 Oktober 2021 pukul 07.00 WIB,” tulis BPBD di akun Instagram resminya, Jumat (29/10/2021).

BPBD DKI Jakarta juga menjelaskan, banjir bandang berpotensi terjadi di lima wilayah Jakarta, yakni Jakarta Timur dengan status siaga; Jakarta Selatan dengan status waspada; Jakarta Barat status waspada; Jakarta Pusat status waspada dan Jakarta Utara status waspada.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es) yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi,” tulis BPBD.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah menghadapi musim hujan akhir tahun. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi waduk, program gerebek lumpur, hingga pembangunan sumur resapan.

Riza juga menyebut, pihaknya telah memasang alat ukur curah hujan di 267 Kelurahan.

“Sehingga kita tahu persis kalau musim hujan seperti apa,” katanya.

Pemprov, kata dia, juga telah menyiapkan 1.262 lokasi pengungsian dengan daya tampung 105.804 jiwa yang disertai dengan sarana dan prasarana pendukung seperti tenda pengungsi, dapur umum, logistik demi mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

BMKG juga telah memprediksi hingga Februari 2022 akan terjadi cuaca ekstrem akibat fenomena La Nina. BMKG mengatakan intensitas curah hujan akan mencapai puncak pada Januari-Februari 2022.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>