Demi Koalisi Pilpres Sejak Awal, PKS Mau Gandeng Parpol Islam-Golkar-NasDem


Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Mardani Ali Sera./Istimewa.

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menuturkan, PKS tengah membuka komunikasi dengan sejumlah partai gabungan islamis dan nasionalis. Komunikasi untuk mendirikan koalisi ini demi mendeklarasikan koalisi calon presiden dan calon wakil presiden 2024 lebih awal.

Partai yang sedang didekati PKS adalah PKB, PAN, PPP, Golkar serta NasDem. Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu tengah menjalankan lobi-lobi.

“Koalisi mesti gabungan partai islamis dan nasionalis. PKB, PAN dan PPP plus bersama Golkar atau Nasdem menarik,” ujar Mardani kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

“Dr Salim dan Ustaz Syaikhu terus membuka komunikasi dengan semua pihak,” jelasnya.

Mengenai calon presiden dan calon wakil presiden, baru akan dibahas secara musyawarah bersama dalam koalisi. Mardani belum menyebutkan siapa tokoh yang akan didorong.

“Berikutnya musyawarah menentukan capres dan cawapres,” katanya.

Koalisi ini ditargetkan akan dideklarasikan pada pertengahan tahun 2022. Mardani berharap bisa lebih cepat jika sudah jelas format koalisinya.

“Jadi semoga pertengahan 2022 sudah nampak jelas format koalisinya. Moga bisa lebih cepat,” katanya.

Sebelumnya, Mardani Ali Sera mengajak partai politik untuk mengumumkan calon presiden di Pilpres 2024 sejak dini. Serta membentuk koalisi untuk mengusung calon presiden tersebut.

“Saya pribadi, kalau di PKS selalu teriak ayo segera umumkan capresnya, kalau bisa jangan segera umumkan, segera buat koalisi dini, koalisi dari sekarang,” ujar Mardani saat rilis survei SMRC, Selasa (28/12).

Diprediksi akan ada tiga koalisi terbentuk di Pemilu 2024. Hitungan Mardani, PKS mencukupi membentuk koalisi dengan mengajak satu partai saja di antara PDIP, Golkar, atau Gerindra. Sementara PKS perlu tiga partai dengan partai tengah untuk membentuk koalisi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>