Lewat Gerakan Rakyat, Relawan Anies Baswedan Berikan Mandat Pindah ke Istana Negara


AKTUALITAS.ID – Sejumlah orang yang terdiri dari perwakilan 16 organisasi relawan pendukung Anies Baswedan akan menggelar Gerakan Rakyat 16 Oktober 2022 di Jakarta.

Tanggal 16 Oktober 2022 bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang diembannya sejak 2017.

Perwakilan relawan tersebut menyatakan akan memberikan mandat kepada Anies Baswedan pindah ke Istana Negara menjadi Presiden RI. Anies dinilai sukses membangun Jakarta selama 5 tahun.

Salah satu organisasi yang tergabung dalam Gerakan Terima Kasih Jakarta 16 Oktober 2022 adalah Abdi Rakyat yang menyatakan akan mengerahkan massa.

“Kami memberikan mandat kepada Anies Baswedan untuk melanjutkan kepemimpinan ke nasional,” kata juru bicara Abdi Rakyat Galih Aji Prasongko saat konferensi pers di Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2022.

Agenda lain pada hari tersebut adalah selebrasi keberhasilan Anies dalam membangun Jakarta dengan sejumlah program.

Anies juga berhasil menunaikan sebagian besar janji kampanye yang harus disosialisasikan dan dilanjutkan saat memimpin Indonesia.

Selain itu, Anies juga menjadikan Jakarta selama 5 tahun nyaris tidak ada konflik, tidak riuh, sehingga menghapus tudingan bermain politik identitas.

“Acara 16 Oktober ini akan berjalan tertib dan damai. Ini bukan hanya seremoni, tetapi selebrasi kemeriahan atau kepuasan masyarakat secara umum terhadap kebijakan Anies selama ini kepada rakyat kecil,” ujarnya.

Secara politik Anies Baswedan saat ini baru mendapatkan dukungan dari Nasdem.

Kemudian dukungan dari sejumlah tokoh seperti politikus senior Golkar Akbar Tanjung hingga ormas Pemuda Pancasila.

Para relawan ini yakin Anies bakal mendapatkan tambahan dukungan dari koalisi politik namun yang perlu ditegaskan adalah porsi relawan tidak bisa dianggap remeh.

“Kami akan memobilisasi warga Jakarta untuk acara 16 Oktober 2022. Untuk ini ada warga Jakarta dan Jabodetabek sekitarnya,” kata Galih Aji Prasongko.

Jalannya Acara

Ketua Umum Abdi Rakyat M. Huda mengatakan Gerakan Terima Kasih Jakarta dihadiri masyarakat Jakarta maupun yang dari luar Jakarta, Minggu, 16 Oktober 2022.

Acara diawali pawai jalan kaki dari Bunderan Hotel Indonesia pada pukul 07.00 WIB lalu bersama-sama menuju Balaikota DKI Jakarta.

Tepat pada pukul 09.30 akan dilakukan pemotongan tumpeng yang dibawa oleh masyarakat dari kampung-kampung di Jakarta.

Pemotongan akan dilakukan secara langsung oleh Anis Baswedan sebagai
wujud rasa syukur atas selesainya tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin Jakarta.

Kemudian pada puncak acara akan dibacakan secara langsung Mandat Rakyat Jakarta untuk Anies Baswedan.

“Relawan ABDI Rakyat sejatinya merupakan kelompok relawan pendukung Anies Baswedan non Parpol,” kata M. Huda

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>