Berlibur ke Pulau Seribu Lebih Mudah dari Pelabuhan Muara Angke


AKTUALITAS.ID – Animo Masyarakat Jakarta yang berlibur ke Kepulauan Seribu terbilang sangat tinggi. Buktinya, saat musim libur sekolah pada 24-25 Juni 2023 lalu, total jumlah wisatawan yang berlibur ke wilayah perairan Jakarta ini menembus angka 5.136 orang.

Kami mencatat wisatawan domestik dan mancanegara mencapai 5.136 orang
Kepala Seksi Atraksi Promosi dan Ekonomi Kreatif Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Ahmad Farihin mengatakan, saat akhir pekan lalu, para wisatawan diketahui menyeberang melalui Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Marina Ancol, Pelabuhan Tanjung Pasir dan Pelabuhan Rawasaban.

“Selama dua hari kemarin kami mencatat wisatawan domestik dan mancanegara mencapai 5.136 orang yang berlibur ke beberapa pulau,” katanya, Senin (26/6/23).

Ribuan Wisatawan Padati Pulau Pari
Ia merinci, wisatawan yang datang dari Pelabuhan Muara Angke berjumlah 6.732 orang, Pelabuhan Marina Ancol 1.587 orang, Pelabuhan Tanjung Pasir 666 orang dan Pelabuhan Rawasaban 75 orang.

“Kami juga memprediksi jumlah wisatawan akan bertambah 50 persen saat libur panjang Idul Adha mendatang. Tentunya kami bersama tiga pilar siap melakukan pengawasan,” terangnya.

Farihin menambahkan, para wisatawan datang mengunjungi berbagai pulau, baik resort dan permukiman. Banyaknya angka wisatawan ini dikarenakan akses menuju Kepulauan sangat mudah dijangkau.

“Momentum liburan seperti ini yang kami tunggu. Semakin banyak wisatawan, maka akan meningkatkan pendapatan warga.

Sementara itu Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) Didi Kurniawan Mengatakan Libur anak sekolah dan idul adha Unit penyelenggara pelabuhan Daerah siap melayani masyarakat dan wisatawan dari Pelabuhan muara Angke tujuan kepulauan seribu atau sebaliknya,

Didi Memprediksi bakal adanya lonjakan penumpang pada hari idul adha ini karena bertepatan dengan libur anak sekolah,untuk mengantisipasi kami sudah menyediakan armada kapal tradisional dan kapal Dinas perhubungan dengan daya angkut sekitar 3500 orang sekali keberangkatan.

Untuk mengantisipasi lonjakan Wisatawan maka pihaknya mengupayakan penambahan trip apabila masih banyak penumpang yang belum terangkut dengan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengutamakan keselamatan penumpang kapal.

ia juga Menghimbau untuk calon wisatawan yang ingin berwisata ke kepulauan seribu sudah pastikan memesan tiket secara online pada apk #jaketboat atau #okpulauseribu dan upayakan sdh dtg 1 jam sebelum keberangkatan kapal,” ucap Didi. [Yus/Ari Wibowo]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>