Kemenag Apresiasi Gelaran Belajaraya 2023


AKTUALITAS.ID – Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali mengapresiasi gelaran Festival Belajaraya 2023 yang diselenggarakan jaringan penggerak pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) di Pos Bloc, Jakarta.

“Kementerian Agama mengapresiasi kepada seluruh komunitas yang mendukung terhadap pendidikan siswa-siswi madrasah dan raudhatul athfal,” kata Nizar saat menghadiri giat tersebut, Sabtu (29/07/2023).

Sekjen berharap gelaran Belajaraya dan jaringan SMSG bisa terus bergerak secara berkelanjutan. “Tentu ini bisa kita sinergikan,” ujar Sekjen.

Inisiator Gerakan SMSG, Najelaa Shihab mengatakan, Belajaraya merupakan kegiatan tahunan SMSG yang dirancang menjadi ruang inovasi dan kolaborasi berbagai komunitas dan organisasi pendidikan dalam melakukan perubahan pada ekosistem pendidikan di Indonesia.

“Sekarang di jaringan Semua Murid Semua Guru ada 1038 komunitas dan organisasi penggerak pendidikan,” ungkap Najelaa pada gelaran tersebut,” ujar Najeela.

“Mengerjakan banyak sekali hal seperti pengembangan guru, pendidikan lingkungan, pendidikan karakter, pendidikan untuk semua, integrasi digital, pendidikan dan teknologi, literasi, isu-isu disabilitas, dan banyak sekali,” sebut dia

Najelaa juga menceritakan bahwa SMSG pertama kali menyelenggarakan Belajaraya pada tahun 2016 dengan nama Pesta Pendidikan. Menurutnya, pada tahun pertama jaringan SMSG hanya berjumlah 112 komunitas dan organisasi pendidikan.

“Kalau sekarang sudah seribu lebih. Saya yakin itu kabar gembira bagi pendidikan di Indonesia dimana semakin banyak yang ikut ambil peran, semakin banyak inovasi-inovasi yang bukan hanya didiskusikan, tapi juga dikerjakan di lapangan setiap hari,” imbuhnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>