LPMQ Kemenag dan Fakultas Ilmu Komputer UI Kembangkan ChatQur’ani


AKTUALITAS.ID – Lembaga Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kemenag dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI) menjalin sinergi untuk mengembangkan chatbot Al-Qur’an atau ChatQur’ani.

Sinergi ini dibahas bersama dalam kunjungan Tim LPMQ ke kampus UI di Depok, Jumat (27/10/2023). Hadir, Kepala LPMQ Kemenag H. Abdul Aziz Shidqi, MA, bersama Ketua Tim IT LPMQ Zarkasi Afif, MA dan anggotanya.

Kehadiran mereka diterima oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Prof. Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc bersama sejumlah guru besar Ilmu Komputer TU. Mereka antara lain Prof. Heru Suhartanto, Drs., M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. Hadir juga Dr. Rizal Fathoni Aji, S.Kom., M.Kom

Prof. Harry Budi Santoso mengatakan, pertemuan ini merupakan kelanjutan dari serangkaian rapat yang telah dilakukan, baik secara daring maupun luring, termasuk saat Lokakarya Pengembangan Al-Qur’an Digital di Jakarta.

“Silaturahim ini wujud keseriusan kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam khidmat Al-Qur’an dan pengembangan chatbot Al-Qur’an atau ChatQur’ani,” ujarnya.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI, Prof Mursanto juga menyambut baik kunjungan ini. Dia membuka lebar proses kerja sama dua pihak untuk mengembangkan aplikasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kepala LPMQ Abdul Aziz menyampaikan, salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah Transformasi Digital, termasuk dalam pelayanan Kitab Suci Al-Qur’an. LPMQ telah mengembangkan beberapa produk digital, baik dalam versi Android, iOS, website maupun In Word. Sejumlah produk ini juga telah dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Seiring dengan kemajuan teknologi, lanjut Aziz, LPMQ juga telah mengembangkan beberapa aplikasi yang berbasis artificial intelligence. Misalnya, aplikasi tashih otomatis yang membantu proses pentashihan Mushaf Al-Qur’an dengan cepat dan tepat.

“Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama tentang pengetahuan dan kajian Al-Qur’an, LPMQ akan mengembangkan chatbot Al-Qur’an, di mana masyarakat bisa bertanya apa saja terkait Al-Qur’an. Menyadari keterbatasan sumber daya, LPMQ berharap bantuan dan dukungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia guna mewujudkannya,” tambah Aziz.

Usai pertemuan, Tim LPMQ mendapat kesempatan mengunjungi laboratorium yang telah mengembangkan chatbot dan pengembangan aplikasi berbasis artificial intelligence. Silaturahim ini diharapkan menjadi titik awal dari kerja sama kedua belah pihak untuk mengembangkan chat Al-Qur’an yang bermanfaat bagi umat dengan izin Allah. (Red)

LPMQ, ChatQur’ani, Pusaka,

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>