Komunitas Djogja ’45 Peduli Muspusdirla, Kamuspusdirla: Rumangsa Melu Handarbeni


AKTUALITAS.ID – Anggota Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) bersama Komunitas Jogja ’45 resik-resik koleksi di Muspusdirla. Kerja bareng ini menyasar berbagai koleksi seperti mencuci beberapa pesawat terbang yang berada di luar ruangan termasuk aneka koleksi yang dipamerkan di dalam ruangan.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho mengatakan resik-resik koleksi dimaksudkan untuk menjaga dan merawat koleksi agar awet dan terjaga dengan baik.

“Beberapa pesawat yang dicuci seperti helikopter NAS-332 Super Puma, Helikopter S-58T Twin Pack dan helikopter Bell 204 Iroquois. Sementara yang di dalam ruangan berbagai senjata dan pakaian seragam para Kepala Staf Angkatan Udara, dibersihkan,” ucap Kolonel Yuto di ruang Kotama Muspusdirla, Rabu (1/11).

Kolonel Yuto menambahkan, sudah menjadi kewajiban anggota Muspusdirla, setelah Apel Pagi masing-masing membersihkan koleksi dan lokasi sesuai area yang menjadi tanggung jawabnya. Namun resik-resik kali ini menjadi istimewa, karena Komunitas Djogja ’45 ikut serta.

Kolonel Yuto pun mengapresiasi semangat dan kepedulian Komunitas Djogja ’45. Menurutnya kepedulian yang ditunjukkan Komunitas Djogja ’45 bisa dikatakan merupakan contoh dari pepatah rumangsa melu handarbeni.

“Terima kasih atas kepedulian dan perhatian Komunitas Djogja ’45, yang dengan sukarela ikut membersihkan koleksi bersama-sama dengan anggota Muspusdirla. Kegiatan resik-resik koleksi kali ini menjadi contoh apa yang dimaksud dengan pepatah rumangsa melu handarbeni itu” ujarnya.

Ketua Komunitas Djogja ’45, Eko “Penyo” Isdianto mengungkapkan resik-resik koleksi merupakan salah satu program Komunitas Djogja ’45 untuk ikut menjaga dan merawat peninggalan para pendahulu.

“Terima kasih, karena Komunitas Djogja ’45 diperbolehkan ikut resik-resik, membersihkan koleksi dan mencuci pesawat di Muspusdirla,” ucap Penyo saat pamitan. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>