Ikan yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Batu Ginjal


Ilustrasi Ikan Salmon (IST)

AKTUALITAS ID – Penyakit batu ginjal bisa memicu sakit saat buang air kecil. Penderita batu ginjal perlu benar-benar memperhatikan pola makan hariannya.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, jumlah oksalat yang diserap oleh tubuh dapat berkurang.

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Meski demikian, penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi asupan protein hewani.

Lantas, apa saja ikan yang boleh dimakan penderita batu ginjal?

Ikan dianggap sebagai makanan super karena kaya akan protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, mata, serta memiliki sifat anti-peradangan.

Ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita batu ginjal adalah ikan yang tinggi kandungan omega-3. Ini bertujuan untuk merawat jantung yang sangat penting bagi penderita penyakit ginjal karena ada hubungan kuat antara tekanan darah tinggi dan sakit ginjal.

Konsumsi ikan yang tinggi omega-3 serta rendah fosfor, kalium, dan natrium juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal secara alami.

Ginjal yang bermasalah akan kewalahan mengeluarkan fosfor dan natrium dalam darah. Jika fosfor dan natrium terus ditambah, fungsi ginjal akan sangat terbebani.

Berikut ini ikan yang boleh dimakan penderita batu ginjal melansir dari berbagai sumber.

1. Tuna

Semua tuna kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Meski demikian, alih-alih tuna kalengan, pilihlah ikan tuna segar yang lebih rendah garam.

2. Salmon

Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Ikan ini juga mengandung senyawa astaxanthin. Astaxanthin bermanfaat bagi jantung, otak, sistem saraf, dan kesehatan kulit.

Lemak omega-3 dalam salmon inilah yang membuatnya cocok untuk memperbaiki fungsi ginjal. Lemak ini akan membantu menurunkan tekanan darah dan membuat ginjal tetap terjaga kesehatannya.

Namun, menukil Fresenius Kidney Care, ikan ini juga secara alami mengandung potasium dan fosfor yang tinggi, jadi penderita CKD tidak boleh berlebihan dalam menentukan ukuran porsi.

3. Sarden

Ikan tuna kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Ikan sarden termasuk makanan untuk penderita ginjal karena asam lemak omega-3 yang dimilikinya.

Asupan lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan sarden baik untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah tinggi sangat berdampak pada kesehatan ginjal. Maka dari itu menjaganya akan sangat berdampak pada perbaikan fungsi ginjal.

4. Ikan kembung

Ikan kembung juga termasuk daftar ikan yang boleh dimakan penderita batu ginjal. Kembung adalah ikan yang kaya akan kandungan omega-3, serta rendah akan kandungan fosfor dan natrium.

5. Ikan teri

Ikan kecil seperti ikan teri menyediakan banyak lemak baik dan protein sehat. Pilihlah ikan segar bila memungkinkan, karena ikan yang diawetkan termasuk sarden kalengan, asap, dan acar ikan haring bisa mengandung tambahan natrium yang sangat tinggi.

Itulah 5 ikan yang boleh dimakan penderita batu ginjal. Semoga membantu. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>